Cara Menghilangkan Mouse Berkedip di Komputer

Komputer adalah sebuah alat komputasi yang sangat memudahkan manusia dalam menunjang aktivitas pekerjaan. Dibalik utilitas dan fungsinya yang sentral, laptop atau komputer juga memiliki sejumlah trouble yang dapat disebabkan oleh beragam hal.

Apakah mouse komputer berkedip-kedip sering muncul di PC Anda? Jika benar, maka artikel ini akan berguna bagi Anda. Dalam artikel tutorial komputer kali ini kita akan berbagi tips cara mengatasi mouse komputer berkedip dimana situasi ini bisa sangat mengganggu.

Masalah kursor mouse berkedip bukan satu hal yang asing. Jika Anda sudah terbiasa bekerja dengan laptop, sepertinya hal semacam ini sudah pernah Anda lihat. Dan Anda tidak perlu  tergesa-gesa untuk membawa laptop Anda ke tukang service, karena bisa saja penyebabnya cukup sederhana.

Cara menghilangkan mouse komputer berkedip bisa dibilang gampang-gampang susah. Ini tak berbeda jauh dengan komputer tidak bisa copy-paste yang mana ada kalanya membutuhkan penanganan yang lebih lama dan ada kalanya juga dapat diatasi dengan langkah-langkah yang relatif cepat.

Kenapa kursor loading terus? untuk diketahui, trouble pointer mouse berkedip berbeda dengan layar laptop berkedip windows 10. Oleh sebab itu, tentu langkah-langkah perbaikannya juga berbeda. Namun, secara keseluruhan yang akan di share disini bukanlah satu teknik yang rumit.

Penyebab Mouse Komputer Berkedip

Cara mengatasi mouse berkedip di komputer


Secara default, kursor komputer Windows adalah berupa panah putih dengan garis hitam. Namun, jika Anda mengarahkan kursor ke teks, kursor ini berubah menjadi kursor berbentuk I. Oleh karena itu, saat menggerakkan kursor melintasi paragraf, kursor akan berkedip secara otomatis.

Karena beberapa masalah I/O, kursor komputer Anda juga dapat berkedip-kedip secara acak. Dan berikut adalah beberapa penyebab komputer Anda mengalami masalah yang satu ini.

  • Terdapat masalah pada driver untuk mouse, video, atau perangkat biometrik.
  • Dalam sejumlah kasus, Windows Explorer juga menjadi penyebab dari trouble mouse berkedip terus.
  • Adanya penyebab yang datang dari perangkat lunak Antivirus.
  • Terdapat program-program yang sedang aktif berjalan di latar belakang.
  • Menjalankan OS dalam resolusi lebih rendah.

Jika Anda mendapati mouse PC bergerak atau berkedip, maka Anda dapat melakukan pengecekan mengacu pada hal-hal sebagaimana yang disebutkan diatas. Anda perlu melakukan diagnosa trouble satu demi satu untuk dapat menemukan solusinya.

Artikel rekomendasi:

Cara Mengatasi Mouse Berkedip

Bagaimana memperbaiki kursor mouse yang berkedip? Sebelum memulai dengan solusi, kami sarankan Anda untuk melakukan solusi generik. Anda dapat memulai ulang PC (restart) atau melepas dan memasukkan mouse USB terlebih dahulu dimana ini adalah satu langkah yang mudah untuk dilakukan. Cara sederhana ini juga dapat membantu Anda memperbaiki masalah.

Jika Anda sudah melakukan hal diatas, silahkan lanjutkan dengan perbaikan yang dijelaskan dibawah ini agar kedepannya masalah yang sama benar-benar hilang.

Lakukan Startup Normal


Startup normal memungkinkan Windows memuat semua driver dan layanan perangkat selama waktu boot. Meskipun ini adalah pengaturan default, komputer Anda mungkin telah mengaktifkan Startup Selektif. Pengaturan ini memungkinkan pengguna memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan driver dan layanan yang dipilih.

Silahkan disimak langkah-langkahnya seperti dijelaskan dibawah ini.

  1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka dialog box Run.
  2. Kemudian, silahkan ketik msconfig untuk membuka System Configuration.
  3. Pada bagian General tab, silahkan pilih opsi Normal startup.
  4. Selanjutnya klik tombol Apply, lalu OK.
    Normal Startup Mouse Berkedip

  5. Terakhir, restart laptop Anda untuk melihat perubahannya.

Mulai ulang Windows Explorer


Langkah mengatasi mouse berkedip yang berikutnya adalah dengan melakukan restart pada Windows Explorer. Windows Explored ini memberi Anda antarmuka grafis untuk mengakses file yang disimpan di hard drive Anda. Langkah memuat ulang Windows Explorer dapat memperbaiki masalah kecil seperti halnya kursor mouse berkedip.

  1. Silahkan dibuka Windows Explorer dengan cara menekan tombol keyboard Ctrl +E.
  2. Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.
    Windows Explorer Mouse Berkedip

  3. Klik pada Windows Explorer, lalu pilih Restart.

Nonaktifkan Perangkat Lunak OEM


Jika Anda menggunakan laptop, Anda mungkin menemukan beberapa aplikasi yang sudah di instal sebelum komputer tersebut Anda gunakan. Aplikasi ini bertindak sebagai driver yang mengelola perangkat keras Anda. Coba hapus instalasi perangkat lunak tersebut untuk melihat apakah itu dapat memperbaiki masalah yang muncul (kursor mouse berkedip).

Misalnya, SimplePass HP pengelola sensor sidik jari yang diketahui dapat menyebabkan masalah seperti mouse yang berkedip.

Nonaktifkan Antivirus


Perangkat lunak antivirus diketahui juga dapat menyebabkan PC bermasalah pada sisi tertentu. Jika perangkat lunak ini mengganggu mouse atau driver grafis, Anda akan melihat kursor yang berkedip. Coba nonaktifkan perangkat lunak antivirus untuk sementara waktu untuk melihat apakah memang antivirus penyebabnya.

Jika setelah menonaktifkan antivirus kedipan mouse berhenti, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengganti program antivirus baru yang tidak menyebabkan masalah mouse berkedip pada PC Anda. Program antivirus gratis sangat banyak, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Periksa Proses di Latar Belakang


Jika kursor Anda berkedip secara acak, Anda mungkin memiliki beberapa proses yang sedang aktif berjalan di latar belakang yang mengambil sumber daya yang sangat besar. Silahkan untuk menghentikan proses dari aplikasi atau software tertentu yang menyebabkan masalah mouse berkedip terus muncul.

  1. Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka jendela Task Manager.
  2. Jika Task Manager hanya menampilkan aplikasi yang saat ini sedang berjalan (currently running), silahkan klik pada More details untuk melihat semua proses yang sedang berjalan.
  3. Periksa apakah ada aplikasi atau proses yang menggunakan banyak sumber daya dari CPU, Memori, atau Disk.
    End Task Mouse Berkedip

  4. Silahkan klik pada proses tersebut, lalu pilih End Task.

Perbarui / Kembalikan Mouse Dan Driver Tampilan


Masalah yang Anda hadapi adalah dengan kursor mouse. Jadi, pada dasarnya ada dua driver yang mengontrol apa yang Anda lihat di layar saat Anda menggerakkan mouse, yaitu driver mouse dan adaptor tampilan. Jadi, memperbaruinya mungkin memperbaiki kursor yang berkedip.

Namun, jika kursor Anda mulai mengalami masalah setelah pembaruan driver, kami sarankan Anda memutar kembali atau restore driver tersebut. Caranya bisa disimak dibawah ini.

  1. Pertama, silahkan Anda tekan tombol logo Windows + X lalu Device Manager.
  2. Buka Mice and other pointing devices.
  3. Klik dua kali pada perangkat yang ada dalam daftar atau lis.
  4. Masuk ke tab Driver, lalu klik pada Update Driver/Roll Back Driver sesuai dengan yang diperlukan.
    Update Driver Mouse Berkedip

  5. Silahkan Update atau Rollback yang tertera dalam lis.
  6. Kemudian, buka pada Display adapter dan Update atau Rollback perangkat yang ada dala daftar.

Kesimpulan Tentang Mouse Berkedip

Seperti telah diulas diatas, ada banyak penyebab kursor mouse berkedip. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengerjakan satu demi satu karena solusi yang pertama belum tentu dapat mengakhiri masalah yang muncul.

Diawali dengan melakukan restart pada PC, lalu sampai dengan melakukan update atau roll-back dapat menyelesaikan kendala kursor mouse bekedip-kedip. Sekalipun mungkin dianggap bukan masalah serius, namun mouse berkedip jelas sangat mengganggu.

Dan sebagai tambahan, Anda bisa saksikan video cara mengatasi mouser berkedip dibawah ini. Silahkan ikuti langkah-langkahnya yang kurang lebihnya sama dengan yang dijelaskan dalam artikel ini.

Artikel Tutorial Gagdet:

Demikian, semoga dapat memberikan solusi untuk PC Anda. Jikapun tidak kelar masalahnya, masih ada metode lainnya untuk mengatasi masalah pada kursor mouse. Tapi, sepengalaman kami, langkah-langkah yang dituangkan dalam postigan ini sudah dapat mengatasi trouble mouse blinking.

0 comments

Post a Comment