Cara Memilih Laptop Terbaik dan Sesuai Kebutuhan

Laptop merupakan salah satu perangkat pintar yang sekarang ini sangat dibutuhkan oleh sebagian besar orang tanpa mempersoalkan apa profesi orang tersebut.

Bagi Anda yang mungkin tengah berencana untuk membeli laptop baru dan disisi lain masih punya "banyak pertanyaan" dalam hati lantaran belum pernah membeli gawai yang satu ini, dalam ulasan ini kita akan berbagi knowledge mengenai memilih laptop berkualitas dan terbaik yang sesuai kebutuhan.

Ada banyak brand laptop yang bisa Anda pilih. Namun, sebagai seorang konsumen pastinya Anda menginginkan laptop yang memiliki life time bagus. Selain spek hardware, ukuran daya tahan barang jelas menjadi sisi pertimbangan tersendiri.

Cara memilih laptop terbaik sebenarnya tidaklah sulit sekalipun Anda masih tergolong awam perihal perangkat komputasi ini. Ada sejumlah parameter yang dapat Anda jadikan acuan saat ingin memilih sebuah laptop atau notebook.

Tips Memilih Laptop Terbaik

cara memilih laptop terbaik

Untuk membantu Anda memberikan masukan berguna dalam rangka mendapatkan laptop berkualitas sebagaimana kebutuhan, berikut ini dijabarkan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat Anda ingin membeli laptop baru.

Dengan menggunakan sejumlah parameter sebagai acuan sebagaimana diulas dibawah ini, nantinya Anda dapat memilih laptop berkualitas tanpa perlu dihantui rasa khawatir lantaran ini kali pertama Anda membeli laptop.

Memilih laptop dapat diibiararkan seperti membeli smartphone baru, dimana saat membeli smartphone tentunya Anda perlu mengetahui besaran RAM, CPU speed, memory, dan aspek terkait lainnya. Dengan begitu Anda dapat menentukan pilihan secara tepat.

Diharapkan panduan ini akan membantu Anda mengenali bagian-bagian tetentu yang penting berkaitan dengan laptop modern. Dibawah ini adalah bagian tentang setiap komponen utama laptop yang perlu Anda ketahui saat ingin memilih laptop terbaik.

  • Memlih Operating System
  • Mengetahui CPU
  • Mengetahui Kartu Grafis
  • Memilih Processor
  • Ukuran RAM
  • Media Penyimpanan
  • Kebutuhan Ports
  • Webcam dan lainnya
  • Tentukan pilihan Anda.

1. Pilih Sistem Operasi Laptop

memilih sistem operasi laptop

Sebelum Anda memilih laptop, Anda harus mencari tahu sistem operasi (OS) apa yang paling cocok untuk Anda. Anda perlu memikirkan perangkat lunak apa yang sekiranya ingin gunakan dan sistem operasi apa yang dijalankan oleh perangkat lunak tersebut sehingga hal ini akan membantu Anda untuk bisa menentukan perangkat keras yang Anda butuhkan.

Saat ini ada empat sistem operasi komputer utama. Tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Berikut ikhtisar masing-masing keempat sistem operasi tersebut:

  1. Windows: OS Windows sepertinya merupakan pilihan terbaik jika Anda membutuhkan aplikasi Microsoft seperti MS Office, Access, atau Outlook. Ada juga lebih banyak laptop Windows untuk dipilih daripada OS lainnya.
  2. MacOS: Terdapat penilain bahwa MacOS Apple sedikit lebih ramah-pemula daripada Windows, tetapi sangat erat dengan perangkat keras perusahaan. MacOS mungkin bukan pilihan terbaik jika Anda tidak memiliki iPhone atau iPad, dan pilihan Anda terbatas pada MacBook.
  3. Chrome OS: Jika Anda dapat melakukan sebagian besar tugas laptop di browser web, Chrome OS adalah pilihan terbaik bagi Anda. Laptop Chrome (disebut Chromebook) juga termasuk yang termurah. OS ini juga layak dipertimbangkan jika Anda memiliki anggaran terbatas. 
  4. Linux: Jika Anda tidak membutuhkan MS Office dan tidak keberatan dengan kurva belajar, Anda dapat menginstal Linux di hampir semua perangkat keras laptop yang pernah dibuat. Namun, aplikasi populer seperti MS Office dan Adobe Creative Suite tidak dapat dijalankan menggunakan OS ini. Alternatifnya yakni LibreOffice, Darktable (pengganti Adobe Lightroom), dan GIMP (pengganti Adobe Photoshop).

2. Memahami Tentang CPU

memilih prosesor laptop

Setelah Anda mengetahui sistem operasi yang Anda inginkan dan telah memiliki gambaran tentang perangkat lunak yang akan Anda jalankan, Anda dapat mengetahui spesifikasi perangkat keras minimum yang Anda perlukan. Hal pertama yang saya sarankan untuk dilihat adalah prosesor, juga disebut sebagai chip atau CPU.

Pada dasarnya ada dua perusahaan yang membuat prosesor laptop, yaitu Intel dan AMD. Mari kita lihat sedikit tentang keduanya.

Prosesor Intel

Prosesor utama Intel adalah Core i3, Core i5, Core i7, dan Core i9. Di dalam setiap baris chip ini, Intel menggunakan rangkaian angka dan huruf samar yang memberi Anda lebih banyak informasi tentang kemampuan chip itu dan kapan chip itu keluar. Belajar menguraikannya akan membantu Anda membuat keputusan pembelian yang lebih baik.

Jika Anda punya budget yang cukup, maka memilih laptop dengan prosesor Intel Core i7 atau core i9 tentunya jadi pilihan yang tepat. Intel core i7, terlebih core i9 menawarkan clock speed tinggi sehingga dapat digunakan untuk multi-tasking tanpa ada kendala berarti.

Prosesor AMD

Dalam nama AMD Ryzen 5 3600X, "3" adalah generasinya (berapa umurnya; lebih tinggi lebih baik), dan "6" adalah seberapa kuatnya. Sebuah "6" akan membuat contoh ini menjadi chip bertenaga sedang, sedangkan 3 atau 4 akan lebih lemah (lebih lambat). Dua angka berikutnya tidak berdampak banyak pada apa pun. "X" di akhir menunjukkan kinerja tinggi. Sebutan huruf lainnya termasuk U untuk daya ultra-rendah.

Apakah ada perbedaan besar antara chip Intel dan AMD?

Sepertinya jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah tergantung. Secara umum, Intel i5 tidak dapat dibedakan dari Ryzen 5, di luar tolak ukur yang sangat spesifik. Serupa saat Anda melakukan hal-hal seperti menjelajahi web atau mengedit dokumen. Hal yang sama berlaku untuk Intel i7 dan Ryzen 7, serta Intel i3 dan Ryzen 3.

Performa grafis adalah area lain yang akan Anda lihat perbedaannya. Dalam pengujian saya, baik dalam benchmark dan penggunaan kerja nyata, grafis terintegrasi AMD cenderung berkinerja lebih baik daripada Intel pada tugas-tugas grafis-intensif — pikirkan mengedit video atau bermain game. Seri chip terbaru Intel telah menutup celah itu secara signifikan, tetapi AMD masih memiliki keunggulan.

Anda mungkin mendapat manfaat dari membeli mesin AMD jika Anda seorang editor video atau gamer, tetapi yang kemungkinan besar Anda inginkan adalah kartu grafis khusus.

Berapa Banyak Pemrosesan yang Anda Butuhkan?

Jika Anda adalah pengguna biasa yang menjalankan browser web, Microsoft Office Suite, dan bahkan mungkin beberapa perangkat lunak pengedit foto, saya merekomendasikan laptop dengan prosesor Intel Core i5 generasi kedelapan atau yang lebih baru. Itu akan ditampilkan seperti "Intel Core i5-8350U."

Jika Anda mampu membelinya, chip Intel i7 membuat peningkatan yang bagus dan akan membuat laptop Anda terasa lebih tajam. Daya ekstra sering kali berarti masa pakai baterai lebih pendek, jadi Anda harus menyeimbangkannya dengan kebutuhan Anda. Laptop gaming, misalnya, akan menggunakan chip i7 (atau i9), tetapi i3 atau i5 biasanya baik untuk tugas yang tidak terlalu menuntut.

Demikian juga, untuk pengguna rata-rata, seri AMD Ryzen 5000 sudah cukup, tetapi Ryzen 7000 melakukan peningkatan yang bagus—sekali lagi dengan mengorbankan masa pakai baterai.

Apakah Anda seorang Power User?

Jika Anda mengkompilasi perangkat lunak, mengedit video, atau bekerja dengan database yang sangat besar, Anda akan menginginkan lebih banyak pemrosesan. Saya menyarankan Intel i7 atau Ryzen 7. 

3. Memilih Kartu Grafis

memilih kartu grafis laptop

Semua laptop secara teknis memiliki kartu grafis (juga disebut grafis dan GPU), tetapi sebagian besar digabungkan ke dalam motherboard dengan prosesor. Pendekatan ini, yang dikenal sebagai "grafik terintegrasi" baik untuk sebagian besar pengguna. Anda akan dapat menonton film HD dan bahkan bermain game kasual tanpa masalah.

Jika Anda seorang gamer atau melakukan banyak pengeditan video, Anda pasti menginginkan laptop dengan kartu grafis terpisah—kartu grafis yang terpisah dan jauh lebih kuat. AMD dan Nvidia membuat sebagian besar kartu grafis yang akan Anda temukan di laptop.

Sebagian besar laptop berbasis Intel akan dipasangkan dengan kartu grafis Nvidia di lini GeForce, biasanya salah satu kartu Max-Q, yang merupakan spin off kartu desktop Nvidia yang hemat daya dan ramah laptop. Biasanya diberi label dengan nama kartu, lalu Max-Q: misalnya, GeForce GTX 1080 Max-Q. (Kartu tingkat 2.000 akan lebih kuat tetapi mungkin memiliki masa pakai baterai yang lebih buruk.) Kartu Max-Q umumnya sekitar 15 hingga 25 persen lebih lemah daripada versi desktop tetapi masih jauh lebih kuat untuk bermain game dan mengedit video.

Garis GPU AMD disebut Radeon dan berkisar dari kartu Vega dan RX kelas atas hingga kartu seri-R yang mencerminkan skema penamaan Ryzen, di mana Radeon R9 lebih cepat dan lebih bertenaga daripada seri Radeon R7, yang lebih bertenaga daripada seri Radeon R7. Seri Radeon 5.

4. Kapasitas RAM

ram laptop

Semakin tinggi kapasitas RAM semakin bagus. Memori akses acak, yang dikenal sebagai RAM, adalah perangkat keras yang digunakan laptop Anda untuk menyimpan data sementara prosesor melakukan banyak hal dengannya.

Pikirkan RAM sebagai meja Anda. Semua hal yang sedang Anda kerjakan sekarang harus bisa muat di meja tersebut. Jika meja Anda terlalu kecil, benda-benda akan jatuh dan Anda tidak dapat mengerjakannya. Dengan cara yang sama, jika Anda kehabisan RAM, Anda juga tidak akan dapat membuka tab browser lagi atau menyelesaikan kompilasi video. Akhirnya, laptop Anda akan hang dan perlu di-restart terlebih dahulu.

8 gigabyte RAM seharusnya cukup untuk rata-rata pengguna Windows, meskipun meningkatkan ke 16 GB akan membuat laptop Anda jauh lebih mampu (dan merupakan kebutuhan untuk bermain game).

Sekali lagi, jika Anda memprogram dan mengkompilasi perangkat lunak atau mengedit klip video, dua tugas yang membutuhkan banyak RAM, Anda memerlukan minimal 16 GB. Anda mungkin akan lebih nyaman dengan 32 GB jika Anda mampu membelinya.

Dan berkaitan dengan RAM, Anda akan mengenal DDR, yakni singkatan dari double data rate. DDR4 RAM cepat dan merupakan yang Anda inginkan. RAM DDR3 lebih tua dan kurang banyak digunakan akhir-akhir ini. Sebagian besar laptop memiliki RAM DDR4, tetapi produsen akan menjelaskan, jadi ada baiknya silahkan diperiksa sebelum membeli.

5. Media Penyimpanan (Disk/Storage)

media penyimpanan laptop

Hard drive adalah tempat Anda akan menyimpan semua data di komputer Anda. Pikirkan ini sebagai lemari arsip di sebelah meja Anda. Pilihan paling umum saat ini adalah solid state drive (SSD), meskipun beberapa laptop murah masih menggunakan drive konvensional.

Pilih drive SSD jika Anda mampu membelinya — setidaknya 256 gigabyte. SSD lebih cepat, terutama jika mereka menggunakan koneksi NVMe, yang memindahkan data masuk dan keluar dari hard drive jauh lebih cepat daripada standar yang lebih lama, yang dikenal sebagai SATA. Terkadang Anda akan menemukan laptop dengan SSD dengan NVMe untuk menjalankan sistem operasi tetapi drive SATA yang lebih lama untuk menyimpan file. Ini memberi Anda yang terbaik untuk dua hal: kecepatan di mana Anda membutuhkannya tetapi tetap ramah anggaran.

Jumlah minimum ruang yang saya sarankan adalah 256 gigabyte. Jika Anda menyimpan semuanya di awan atau melihat Chromebook, Anda mungkin dapat bertahan dengan lebih sedikit, tetapi ada baiknya jika Anda memiliki ruang jika Anda membutuhkannya. Jika Anda berencana untuk menginstal banyak game atau perangkat lunak, atau menyimpan banyak foto atau video, itu akan memakan banyak ruang hanya dalam waktu yang singkat.

Jika hard drive berlabel 512 gigabyte, hard drive mungkin hanya menunjukkan 490 GB yang tersedia di Windows. Anda tidak kehilangan ruang; ini hanya ada hubungannya dengan perbedaan antara perhitungan ukuran byte biner dan desimal. Pembuat drive menggunakan byte desimal, tetapi Windows menggunakan biner, itulah sebabnya terlihat ukuran yang berbeda. Keduanya secara teknis benar, meskipun ukuran yang diperlihatkan Windows adalah jumlah ruang disk yang sebenarnya dapat Anda gunakan untuk menyimpan file.

6. Cek Ports

port laptop

Sementara CPU, RAM, dan hard drive akan memiliki dampak terbesar pada kinerja, jumlah dan jenis port pada laptop Anda pun tak kalah penting. Port adalah tempat untuk mencolokkan sesuatu ke laptop Anda, seperti perangkat USB, atau mengisi daya.

Anda akan butuh setidaknya satu 1 USB-C, setidaknya satu 1 USB-A, dan jack mikrofon/headset.

Saya merekomendasikan laptop yang dapat diisi daya melalui USB-C. Laptop harus dapat mengisi daya melalui USB-C di halaman atau di bagian spesifikasi. Metode pengisian daya ini memungkinkan Anda menggunakan pengisi daya portabel jika Anda membutuhkan waktu ekstra jauh dari stopkontak. Pengisi daya USB-C juga cenderung lebih murah untuk diganti, dan Anda mungkin sudah menggunakannya untuk mengisi daya ponsel Android Anda (atau iPad kelas atas).

Pastikan laptop Anda memiliki pembaca kartu SD atau MicroSD jika Anda seorang fotografer dan perlu terus-menerus mengunduh gambar dari kamera Anda. Jika tidak, Anda harus membawa dongle.

7. Webcam dan Lainnya

webcam laptop

Laptop Anda harus memiliki webcam. Entah kenapa, masih ada laptop keluaran terbaru yang belum memilikinya. Kebanyakan webcam masih 720p, terutama pada laptop dengan harga lebih murah. Tidak apa-apa jika Anda tidak sering menggunakannya, tetapi dengan Zoom menjadi gaya hidup banyak orang akhir-akhir ini, Anda mungkin lebih bahagia dengan kamera 1080p.

Bagaimana engsel laptop? Bagian ini sulit untuk diuji jika Anda membeli melalui internet. Jika memungkinkan, pergilah ke toko laptop terdekat sehingga Anda benar-benar dapat memegang model yang Anda minati. 

8. Tentukan Pilihan Anda

pilih laptop terbaik menurut Anda

Memilih laptop terbaik, selain aspek kualitas tentunya juga mengacu pada tingkat kebutuhan. Jadi, pilihlah laptop yang sesuai dengan anggaran serta kebutuhan Anda. Ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih, terlebih jika anggaran Anda relatif besar.

Silahkan beli laptop sesuai kebutuhan dengan memperhatikan sejumlah hal sebagaimana telah diurai diatas. Pertimbangkan berbagai hal yang dirasa perlu, tentukan pilihan Anda secara tepat agar laptop yang Anda beli benar-benar pas untuk keperluan Anda.

Kesimpulan Mengenai Memilih Laptop Terbaik

Laptop merupakan sebuah perangkat elektronik yang mana memilih perangkat ini membutuhkan (setidaknya) pengetahuan dasar mengenai berbagai komponen yang ada pada laptop. Hal ini dimaksudkan agar Anda paham dengan pilihan Anda.

Bayangkan Anda memiliki dua smartphone berbeda, tentunya Anda akan mendapati sejumlah perbedaan antara satu sama lain. Perangkat laptop pun tidak ubahnya smartphone. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami laptop seperti apa yang tidak hanya bagus tapi juga sesuai dengan kebutuhan Anda.

0 comments

Post a Comment