Cara Upgrade ke Windows 11 Secara Gratis

Tidak lama ini Microsoft telah merilis Windows 11 sebagai seri paling mutakhir dari operating system (OS) Windows. Dan bagi Anda yang masih menggunakan Windows 10, tentunya Anda bisa melakukan upgrade ke Windows 11.

Dalam ulasan ini kita akan berbagi informasi mengenai cara upgrade ke Windows 11 secara gratis. Silahkan disimak langkah-langkahnya sebagaimana dirangkum dalam postingan ini. Selamat menggunakan Windows 11.

Windows 11 akan diinstal pada PC berbasis Windows keluaran terbaru, tetapi mengapa mengeluarkan uang jika PC Windows 10 Anda saat ini memenuhi syarat untuk peningkatan gratis? Microsoft menawarkan beberapa cara untuk mendapatkan OS baru, sehingga Anda dapat memilih metode yang paling sesuai untuk Anda.

Persiapan sebelum upgrade ke Windows 11

upgrade windows 11

Menyinggung tentang persyaratan Windows 11 mungkin agak sedikit membingungkan. Sebelum Anda bisa mendapatkan pembaruan gratis, Anda harus terlebih dahulu memastikan PC Windows 10 Anda saat ini kompatibel. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menjalankan Alat Pemeriksaan Kesehatan PC Microsoft.

Buka halaman Spesifikasi Windows 11 dan gulir ke bawah hingga Anda melihat bagian Periksa kompatibilitas. Klik tautan Unduh Aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC dan instal programnya. Klik tombol Periksa sekarang di dalam aplikasi. Jika komputer Anda kompatibel, sebuah pesan memberitahu Anda bahwa PC Anda memenuhi persyaratan Windows 11.

Check for Updates

Microsoft secara perlahan meluncurkan Windows 11 ke sistem Windows 10 yang kompatibel, jadi langkah Anda selanjutnya adalah memeriksa apakah pembaruan tersedia untuk PC Anda. Di mesin Windows 10 Anda, buka Pengaturan > Perbarui & Keamanan > Pembaruan Windows dan klik tombol Periksa pembaruan. Jika Windows 11 menunggu Anda, itu dapat diinstal.

Download dengan Installation Assistant

Download dengan Installation Assistant

Alih-alih menunggu pemutakhiran untuk mencapai mesin Anda, Anda dapat melalui Asisten Instalasi Windows 11 Microsoft. Buka halaman Unduh Windows 11 dan klik tombol Unduh sekarang di bawah bagian Asisten Instalasi Windows 11.

Jalankan file Windows11InstallationAssistant.exe yang diunduh. Klik tombol Terima dan instal dan penginstalan Windows 11 Anda akan ditingkatkan ke Windows 11. Anda seharusnya dapat menggunakan PC Anda selama pengunduhan dan penginstalan.

Windows 11

Setelah instalasi selesai, Anda akan diminta untuk me-restart PC Anda. Anda diberi pilihan untuk segera menghidupkan ulang mesin atau menunggu hingga penghitung waktu 30 menit berakhir jika Anda memerlukan waktu untuk menyimpan pekerjaan yang terbuka. Setelah PC Anda reboot, Anda dapat masuk ke Windows lagi. Setelah pengaturan akhir selesai, Anda disimpan di desktop Windows 11 baru Anda.

Cara alternatif upgrade ke Windows 11

Terdapat juga cara alternatif upgrade ke Windows 11 yakni dengan menggunakan Media Creation Tool.

Media Creation Tool

Pilihan lainnya adalah menggunakan Alat Pembuatan Media Microsoft, yang merupakan program yang memungkinkan Anda membuat media instalasi untuk OS baru. Di halaman Unduh Windows 11, klik tombol Unduh sekarang di bawah bagian Buat Media Instalasi Windows 11.

Create Windows 11 Installation Media

Jalankan file MediaCreationToolW11.exe, lalu terima persyaratan lisensi dan konfirmasi bahasa dan edisi Windows yang Anda inginkan. Anda kemudian dapat memilih untuk menyalin file instalasi ke drive USB atau menghasilkan file ISO dan membakarnya ke disk.

Jika Anda menggunakan rute drive USB, alat kemudian mengunduh file instalasi Windows 11 yang diperlukan dan menyalinnya ke drive USB. Kemudian buka drive dan klik dua kali file setup.exe untuk memulai pemutakhiran.

ISO file

Jika Anda ingin memutakhirkan dari file ISO, pilih lokasi file dan ubah namanya menjadi sesuatu yang lebih spesifik. File instalasi kemudian disimpan ke PC Anda sebagai file ISO. Buka File Explorer, lalu klik dua kali file ISO untuk membukanya dan klik dua kali file setup.exe.

setup.exe file

Klik Berikutnya agar Windows 11 memeriksa pembaruan apa pun, lalu terima persyaratan lisensi. Layar Ready to install menunjukkan bahwa Windows 11 akan diinstal dan file serta aplikasi pribadi Anda akan disimpan. Untuk mengubah pilihan tersebut, klik Ubah. Anda kemudian dapat memilih untuk menyimpan file dan aplikasi pribadi, hanya file pribadi, atau tidak sama sekali. Klik Next, lalu Install untuk menjalankan upgrade.

Setelah PC Anda reboot, masuk untuk menyelesaikan pengaturan. Tergantung pada apa yang Anda pilih untuk disimpan, Windows mungkin meminta Anda untuk menyesuaikan pengaturan privasi Anda. Anda kemudian dibawa ke desktop.

Download Disk Image

Download Disk Image
Anda juga dapat memilih unduhan langsung file ISO Windows 11. Di halaman Unduh Windows 11, buka bagian Unduh Windows 11 Disk Image (ISO) dan pilih Windows 11 dari menu tarik-turun. Pilih bahasa produk, klik Konfirmasi, lalu klik tombol Unduh untuk mendapatkan file ISO.
Disk Image
Setelah unduhan, klik dua kali file ISO dan kemudian klik dua kali file setup.exe. Klik Berikutnya di layar penginstalan awal untuk memeriksa dan mengunduh pembaruan apa pun ke Windows 11. Pada layar Siap untuk Menginstal, Anda akan melihat bahwa Windows 11 akan diinstal dan file serta aplikasi pribadi akan disimpan secara default.

Jika Anda ingin mengubahnya, klik Ubah dan alihkan ke Hanya file pribadi atau Tidak ada. Klik Next, lalu Install untuk menjalankan upgrade. Setelah PC Anda restart, masuk ke Windows 11 untuk melihat sistem operasi baru Anda.

Upgrade Windows 11 Selesai

Simak juga:

Nah itulah langkah-langkah upgrade ke Windows 11 secara gratis. Silahkan dicoba, dan selamat menggunakan Windows 11. Dan jika Anda membutuhkan video tuturial upgrade Windows 11, berikut ini videonya.

Selamat mencoba!

0 comments

Post a Comment