7 Tips Penting Memilih HP Android Untuk Gaming

Anda mungkin seorang mobile gamer pemula yang sedang mencari smartphone Android terbaik untuk gaming. Dalam ulasan ini kita akan bergai tips untuk memilih hp game terbaik agar tidak kecewa dengan pilihan Anda.

Jika diperhatikan, produksi smartphone cukup tinggi. Dari berbagai smartphone yang dirilis dipasar, sebagian darinya memang diperuntukkan untuk kalangan penyuka game. Semakin banyak pilihan, semakin bagus untuk konsumen.

Konsumen dapat memilih hp terbaik untuk permainan sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Namun, bagi pemula, mungkin mereka masih membutuhkan referensi atau masukan mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat ingin memilih hp untuk gaming, ini seperti halnya cara memilih laptop terbaik sesuai kebutuhan.

7 Tips Penting Memilih Smartphone Gaming Berbasis Android

Tips Penting Memilih HP Android Untuk Gaming

Peran smartphone kini terus mengalami perkembangan yang signifikan. Tidak hanya digunakan untuk mengakses layanan streaming dan media sosial, smartphone juga digunakan sebagai media untuk bermain game. Ini seiring dengan munculnya game-game, baik yang ringan maupun yang berat sekalipun.

Oleh karena itu, bisa mengakses game-game berat menjadi pertimbangan dalam memilih smartphone, terutama yang berbasis Android. Bagi Anda yang notabene masih pemula, berikut kami share beberapa tips memilih smartphone gaming terbaik yang tidak akan mengecewakan Anda dikemudian hari suai memilihnya.

Tentunya untuk menikmati akses bermain game dengan lancar, cepat, dan tanpa lag, Anda membutuhkan jenis smartphone gaming dengan spesifikasi mumpuni. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih smartphone gaming untuk memberikan kenyamanan saat bermain game favorit Anda. Simak apa saja tips memilih smartphone gaming berkualitas!

1. Jaringan

Jaringan

Seiring dengan prosesor yang baik, pastikan jaringan Anda dilengkapi untuk menangani unduhan dan unggahan data yang berat. Di sejumlah negara, pengguna dapat menikmati pengalaman bermain game terbaik karena jaringan memberi mereka kecepatan unduh yang cukup cepat. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menikmati permainan secara maksimal.

Saat memainkan game multipemain, ponsel Anda perlu mempertahankan koneksi yang konstan dengan server sehingga Anda dapat menikmati sesi permainan tanpa jeda.

2. Perhatikan chipset yang digunakan

chipset

Chipset merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan saat memilih smartphone gaming. Chipset atau system on chip merupakan komponen yang terintegrasi dengan komponen lain untuk mendukung kinerja smartphone. Di dalam chipset terdapat prosesor, GPU, modem seluler, dan pengontrol manajemen perangkat.

Anda bisa memilih jenis chipset yang dilengkapi GPU berperforma tinggi untuk mengolah grafis dengan baik. Dengan menggunakan chipset yang memiliki performa tinggi, Anda dapat mengoperasikan aplikasi game dengan grafis tinggi dengan nyaman.

3. Kapasitas Baterai Besar

Kapasitas Baterai Besar

Demi kenyamanan Anda dalam bermain game, pastikan Anda tidak memilih hp yang memiliki kapasitas baterai kecil.

Bermain game menggunakan smartphone merupakan salah satu aktivitas yang memakan banyak daya, sehingga jika tidak memilih baterai dengan daya tahan tinggi, maka baterai akan mudah habis. Sedang enak-enaknya main game, tapi harus dihadapkan dengan low-bat.

Hal ini jelas akan mengganggu aktivitas gaming Anda. Oleh karena itu, pilihlah jenis smartphone gaming yang memiliki konsumsi daya yang efisien dan kapasitas yang besar. Apalagi sekarang ini beberapa smartphone sudah dilengkapi dengan fitur fast charging saat proses charging.

4. Pilih Ukuran Layar yang Lebar

Pilih Ukuran Layar yang Lebar

Tips berikutnya dalam memilih smartphone gaming adalah Anda perlu memilih layar yang besar. Untuk memberikan perasaan lebih nyaman saat bermain game, Anda bisa memilih tipe smartphone dengan ukuran layar lebar dan fitur tampilan full view sehingga Anda merasa puas saat melihat layar.

Pilih jenis layar yang memiliki resolusi dan kerapatan layar yang tinggi agar grafis yang ditampilkan terasa optimal dan tidak pecah. Anda bisa memilih smartphone dengan resolusi Full HD 1080p dan kerapatan layar di atas 400 PPI.

5. Perhatikan refresh rate ponsel

refresh rate ponsel

Agar bermain game lebih nyaman, Anda harus memiliki hp dengan layar beresolusi lebih tinggi. Dan lebih penting lagi, layar modern pada ponsel gaming harus mendukung 90Hz atau 120Hz. Kecepatan refresh yang lebih tinggi dapat bermanfaat pada game di mana setiap frame diperhitungkan saat ada tindakan sepersekian detik.

Tampilan refresh rate yang lebih tinggi menunjukkan lebih banyak frame per detik dibandingkan dengan layar 60Hz tradisional.

6. Pilih RAM dan Memori Internal yang Ideal

Pilih RAM dan Memori Internal yang Ideal

RAM dan memori internal tidak kalah penting untuk diperhatikan saat memilih smartphone gaming. Mengingat, beberapa game saat ini memiliki ukuran memori yang cukup besar dan ditambah dengan file update tambahan sehingga membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang lancar, Anda bisa memilih RAM minimal 4GB dengan memori internal 64GB. Oleh karena itu, pilihlah kapasitas RAM dan memori internal yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam memilih smartphone.

7. Sesuaikan Harga Smartphone dengan Anggaran Anda

Sesuaikan Harga Smartphone dengan Anggaran


Hal tak kalah penting lainnya yang harus diperhatikan saat memilih smartphone gaming adalah menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki. Tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone gaming dengan spesifikasi tinggi memang sejalan dengan mahalnya harga yang ditawarkan. Oleh karena itu, tugas Anda adalah mencari jenis smartphone gaming dengan spesifikasi mumpuni yang sesuai dengan budget Anda.


Kesimpulan

Ada banyak smartphone dengan spesifikasi tinggi yang dapat diandalkan untuk kebutuhan mobile gaming. Namun, pastikan Anda memperhatikan berbagai aspek penting yang antara lain sebagaimana disebutkan diatas sebelum Anda menjatuhkan pilihan. Happy gaming, buddy!

0 comments

Post a Comment