Cara Mengatasi WA Inisialisasi Gagal Saat Pertama Install

Disini kita akan membahas sebuah masalah yang tak jarang dijumpai oleh sebagian pengguna saat pertama kali ingin menggunakan aplikasi WhatsApp "Whatsapp Initializing Please Wait a Moment Problem".

Whatsapp tidak selesai melakukan inisialisasi


whatsapp initialisasi lama

Ada kalanya Anda terus menerima pesan "Inisialisasi, harap tunggu sebentar" dan selama berjam-jam terus seperti itu. Ini dapat terjadi jika Anda mentransfer sim di ponsel Android ke iPhone dan menggunakan WhatsApp melalui iPhone selama beberapa hari.

Sekarang setelah mentransfer sim kembali ke Android lama bahwa pesan Inisialisasi ini tidak akan selesai dan WhatsApp menjadi macet. Saya pernah menghubungi layanan Whatsapp dan mereka meminta untuk menginstal ulang dan menghapus instalasi WhatsApp.

Setelah menginstal ulang WhatsApp dan memasukkan nomor telepon, ia akan menanyakan apakah Anda ingin memulihkan dari cadangan. Klik "ya" karena ini adalah satu-satunya cara untuk mengembalikan pesan dan informasi WhatsApp Anda sebelumnya.

Setelah itu meminta akun Google dan klik untuk memperbarui di cadangan Google. Setelah berhasil menghidupkan kembali pesan-pesan sebelumnya dan juga WhatsApp berfungsi normal dan akan mengamati semua pesan latar belakang obrolan saya sebelumnya.

WhatsApp Inisialisasi lama dan gagal


Saat menginstal WhatsApp untuk pertama kalinya, jika WhatsApp Anda macet dalam proses Inisialisasi, atau Inisialisasi Whatsapp menampilkan pesan "Harap Tunggu Beberapa Saat", mungkin karena banyak koneksi di ponsel Anda.

Saya menghadapi dilema ini pada smartphone yang saya gunakan (saya tidak menyebutkan merk-nya), tapi hal ini bisa saja terjadi pada perangkat ponsel Xiaomi, OPPO, Samsung, ataupun yang lainnya.

Ketika WhatsApp macet di proses inisialisasi, Anda tidak akan bisa menggunakan WhatsApp. Sebelum mencoba langkah dibawah ini, harap buat cadangan "Rincian Kontak" Anda dan ketika Anda telah menginstal WhatsApp sebelumnya, harap buat cadangan teks WhatsApp Anda, tekan file lalu coba ini.

Opsi ini bisa Anda coba, namun kami tidak bertanggung jawab jika Anda kehilangan informasi tertentu yang sebenarnya tidak ingin Anda hilangkan. Disini kita akan mencoba langkah yang terbaik untuk mengatasi masalah yang mungkin cukup mengganggu Anda ketika ingin menggunakan WhatsApp.

  1. Jika Anda tidak dapat menghentikan masalah WhatsApp "Inisialisasi", silahkan dibuka "Menu Utama" dengan menekan tombol "Home" (ini dapat berubah untuk ponsel yang berbeda).
  2. Apabila WhatsApp tidak bereaksi, silahkan Anda "Copot pemasangan WhatsApp" terlebih dahulu.
  3. Lalu, Anda bisa masuk ke "Settings" di ponsel dan "Matikan Sinkronisasi". Ini juga akan berubah dan berbeda untuk ponsel yang berbeda dan versi dari Android yang terpasang di smartphone Anda.
  4. Semisal untuk yang menggunakan Xiaomi, keluaran terbaru, pilihan untuk mematikan Sinkronisasi Otomatis sangat mudah. Namun, pada umumnya setiap hp Android menyediakan fitur tersebut dan bisa ditemukan dengan mudah oleh pengguna.
  5. Nah, setelah itu, Anda bisa install kembali WhatsApp, lalu coba Inisialisasi. Jika tidak ada kendala lain, harusnya langkah diatas sudah bisa mengatasi masalah WhatsApp Inisialisasi lama dan gagal.
  6. Silahkan dicoba, dan semoga tidak muncul masalah yang sama.

Sekarang Anda sudah tidak perlu bingung lagi saat mendapati inisialisasi WA lama. Jadi, jika sebelumnya Anda punya pertanyaan kenapa WA inisialisasi sendiri, maka sekarang Anda sudah tahu solusinya.

Tips menggunakan WhatsApp setelah inisialisasi berhasil

Inisialiasi muncul saat pertama kali Anda membuka aplikasi ini setelah selesai di install di ponsel. Dan agar Anda tidak kehilangan data-data penting dalam Chat, pastikan Anda memilih Opsi restore dimana opsi ini akan muncul saat pertama kali WA siap digunakan.

Apabila Anda tidak memilih opsi Restore, Anda tidak dapat menemukan isi Chat yang sebelumnya sudah ada. Tentunya hal ini bisa merugikan Anda sendiri apabila Chat tersebut bersifat penting dan Anda ingin membukanya kembali setelah install ulang WhatsApp.

Jika masih bingung terkait dengan masalah WhatsAp Initializing, silahkan tonton video dibawah ini.


Baca juga:

Demikian informasi untuk cara mengatasi WA inisialisasi lama, semoga berguna bagi Anda. Dan pastikan Anda mengikuti langkah-langkah diatas agar tidak kembali dihadapkan dengan masalah WhatsApp Initializing yang terlalu lama.

0 comments

Post a Comment