Cara Memberbaiki Konektor HP Rusak

Konektor HP longgar atau rusak tentu bukan satu hal yang aneh. Seiring usia pemakaian terlebih jika sudah digunakan hingga bertahun-tahun, wajar saja jika konektor ponsel Anda mengalami kerusakan, apalagi jika cara pemakaian Anda tidak hati-hati.

Semua perangkat elektronik seperti smartphone punya ukuran masa pakai untuk setiap komponennya. Akan ada waktu dimana komponen tersebut mulai tidak berfungsi dengan baik dan berakhir dengan kerusakan. Jika sudah rusak, maka tentunya Anda perlu mengganti atau memperbaikinya.

Kondisi ini juga terjadi pada konektor HP. Aktivitas memasukkan dan mengeluarkan kabel charger dari konektor HP berpotensi membuatnya menjadi longgar atau bahkan tidak lagi bisa dipakai sama sekali. Namun, Anda tidak perlu terbebani terkait masalah ini.

Kerusakan pada konektor HP pastinya sangat mengganggu. Konektor HP yang rusak menyebabkan Anda tidak bisa mengisi daya baterai dengan baik. Nah, berikut ini diulas cara mengatasi konektor HP yang rusak dengan langkah-langkah yang mudah yang dapat Anda coba segera.

Penyebab Konektor HP Rusak

Cara Memperbaiki Konektor HP Rusak Atau Longgar

Konektor hp rusak cukup sering terjadi, adapun beberapa hal yang menjadi penyebab konektor hp rusak dengan lebih cepat diantaranya adalah karena hal-hal berikut ini:

  • Terlalu keras saat mencolokkan kabel USB ke konektor.
  • Terkena air.
  • Ponsel pernah terjatuh dan mengenai bagian konektor.
  • Konektor banyak dipenuhi debu tanpa pernah dibersihkan.

Supaya konektor smartphone Anda tidak mudah rusak, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal penyebab konektor hp rusak seperti disebutkan diatas.

Cara Mengatasi Konektor HP Rusak

Ciri-ciri konektor hp telah rusak diantaranya adalah terlalu longgar, terlalu lama saat digunakan isi baterai, terjadi putus-nyambung saat disambungkan, dan temperatur kabel charge terlalu panas.

Jika Anda mendapati salah satu dari beberapa hal yang disebutkan diatas, maka ada kemungkinan konektor hp Anda telah rusak, sehingga perlu dilakukan upaya perbaikan agar tidak mengganggu.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi konektor hp rusak secara mudah yang dapat Anda praktekkan sendiri tanpa perlu membawa ponsel Anda ke jasa servis ponsel.

1. Bersihkan Port Charger dari Debu

Cara mengatasi konektor hp rusak yang pertama adalah dengan membersihkan konektor dari debu. Bisa jadi, konektor hp Anda tidak berfungsi bukan karena komponennya yang rusak, melainkan diakibatkan oleh debu.

Jika kasusnya seperti itu, Anda bisa menggunakan beberapa trik untuk membersihkannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan jarum atau cotton bud.

Gosok pelan-pelan sisi atas bawah konektor. Sesekali, Anda bisa mencungkil atau mengambil benda-benda tertentu atau debu yang mengotori port konektor HP Anda.

2. Gunakan Jarum Pentul

Cara berikutnya Anda bisa menggunakan jarum, bisa berupa jarum pentul atau ujung peniti. Fungsinya adalah mengutak-atik lubang konektor yang longgar. Namun, sebaiknya Anda berhati-hati agar tidak menimbulkan kerusakan baru.

  • Silahkan siapkan jarum atau benda kecil yang panjang dan tipis yang sekiranya bisa masuk ke dalam port charger hp.
  • Kemudian, gunakan benda tersebut untuk mengubah posisi konektornya sampai benar-benar pas dan tidak longgar.
  • Selanjutnya coba gunakan untuk isi daya menggunakan kabel charger-nya. Apabila belum pas, Anda dapat mencobanya kembali.
  • Untuk diketahui, cara ini tidak berlaku untuk konektor smartphone yang sudah benar-benar rusak atau sudah tidak bisa digunakan sama sekali.

3. Mengganti Konektor HP

Nah apabila beberapa cara perbaikan sebelumnya tidak membuahkan hasil, maka satu-satunya pilihan yang tersedia adalah dengan mengganti konektor hp Anda.

Dalam hal ini disarankan bagi Anda jangan mencoba menggantinya sendiri. Tak hanya karena sulit, tapi garansi HP Anda tidak akan bisa terpakai kalau Anda membongkar HP sendiri.
 

Jadi, Anda bisa mengganti konektor hp di service center HP Anda, baik itu OPPO, Huawei, Samsung, Realme, vivo, dan lain sebagainya. Kunjungi service center terdekat.

Video Cara Memperbaiki Konektor HP Rusak

Selain dengan mengikuti panduan yang dijelaskan diatas, Anda juga bisa tonton video dibawah ini jika masih mengalami kesulitan.


Penutup

Itulah beberapa cara memperbaiki konektor hp rusak, silahkan dicoba sekarang. Dan kembali diingatkan, jika konektor hp Anda sudah tidak bisa digunakan sama sekali, sebaiknya bawa ke service center apabila masih memiliki masa garansi.

Membawa HP ke service center akan memberikan Anda keuntungan, baik dari sisi biaya maupun untuk kualitas perbaikan.

0 comments

Post a Comment