10 Hal yang Saya Suka dari Android

Android merupakan platform smartphone dan komputer tablet yang sekarang ini memiliki persentase pengguna sangat banyak. Salah satu pesaing utama Android sepertinya adalah iOS - operating system smartphone milik Apple.

Saya sudah menggunakan OS Android mulai dari versi Ginger Bread. Dari pengalaman menggunakan Android dalam berbagai merk smartphone, saya mendapati sejumlah kepuasan saat menggunakan OS ponsel cerdas milik Google ini.

Bagi Anda yang sudah lumayan lama menggunakan palftrom Android, pastinya Anda sudah bisa mengidentifikasi atau mengenali apa saja kekurangan serta kelebihan-kelebihan yang dimiliki platform Android.

Dan bagi saya pribadi, saya merasa cukup nyaman menggunakan Android. Saya telah menggunakan Android dalam berbagai merk dan type smartphone, mulai merk lokal hingga merk smartphone kenamaan seperti Samsung.

Disini saya akan menguari secara ringkas apa saja hal yang saya suka dari Android. Pengalaman pengguna versi saya ini mungkin sebagian atau bahkan secara keseluruhannya mungkin sama dengan Anda. Berikut ini beberapa kelebihan Android sesuai pengalaman dan penilaian saya pribadi.

Beberapa Hal yang Saya Suka dari Android

kelebihan android

Sebagai platform ponsel cerdas terpopuler di masa sekarang ini, Android pastinya memiliki banyak sekali kelebihan. Dan berikut ini merupakan 10 kelebihan dari Android yang paling saya rasakan sepanjang menggunakan platform si Robot Hijau.

1. Mudah digunakan

android user friendly

Tanpa berniat membanding-bandingkan, sepertinya cara penggunaan platform Android sepertinya lebih user-friendly atau mudah digunakan. Dengan menu atau fitur yang relatif banyak dan lengkap, sepertinya pengguna pemula pun tidaka akan menemui kesulitan berarti saat menggunakan Android karena pada dasarnya OS ini memang cukup mudah dioperasikan.

2. Ringan

android ringan

Hal yang saya suka berikutnya dari Android adalah load-time yang cukup ringan. Menurut saya OS Android cukup ringan dan bisa berjalan dengan sangat cepat. Hal ini membuat saya merasa cukup nyaman saat menggunakan ponsel untuk keperluan multi-tasking.

3. Banyak aplikasi

android banyak aplikasi

Platform Android diberdayai ribuan aplikasi serta game yang bisa digunakan secara gratis. Selain aplikasi berbayar, terdapat sekian banyak aplikasi Android yang bisa digunakan tanpa perlu membayar sepeserpun. Ini merupakan salah satu keuntungan menggunakan Android yang benar-benar dapat dirasakan oleh pengguna.

4. Pilihan download aplikasi diluar Playstore

aplikasi android diluar playstore

Android menyediakan tempat download aplikasi yang sangat lengkap, yakni Playstore. Melalui layanan Playstore, pengguna Android bisa mengunduh beragam aplikasi serta permainan secara mudah. Namun, selain di Playstore, pengguna juga masih dapat mengunduh file apk diluar Google Playstore. Ini adalah salah satu kemudahan bagi mereka yang menggunakan platform Android.

5. Pilihan tema beragam

tema android

Bagi yang memprioritaskan tampilan, sepertinya dukungan atau pilihan tema yang banyak akan lebih menyenangkan. Platform Android diberdaya berbagai macam tema yang bisa di download secara gratis. Sebagai pengguna Android, kita bebas memilih memasang tema sesuai dengan yang kita inginkan tanpa proses yang ribet.

6. Banyak referensi

referensi android

Nah, kelebihan Android lainnya yang menurut saya tak kalah membantu adalah tersedia banyak referensi. Sebut saja Anda mengalami kendala tertentu pada smartphone Android Anda, maka ada banyak referensi yang bisa ditemukan di internet untuk mengatasi masalah pada ponsel Android Anda. Jadi, Anda tidak perlu keburu membawa ponsel Anda ke tukang servis yang tentunya akan memakan biaya.

7. HP Android lebih terjangkau

harga hp android terjangkau

Bergantung pada merk atau brand apa yang Anda pilih, pada umumnya harga hp Android lebih terjangkau. Jadi, Anda dapat menentukan pilihan sesuai anggaran atau uang yang Anda punya. Jika memiliki anggaran yang relatif terbatas, sepertinya banyak sekali hp Android dengan rentang harga 1.5 juta-an rupiah.

8. Kualitas bagus

android multi tasking

Sepanjang menggunakan Android, terlepas dari aspek vendor produsen ponsel yang Anda gunakan, sebut saja saya yang selama ini lebih memilih smartphone Androi dari pabrikan kenamaan, saya mendapati kualitasnya cukup bagus. Meskipun ponsel telah digunakan bertahun-tahun, jarang terjadi trouble berarti, kecuali masalah yang cukup mendasar dan memang umum.

9. Bisa dintegrasikan dengan PC secara mudah

android ke pc

Pada umumnya pengguna smartphone juga memiliki PC. Nah, Android dapat dihubungkan dengan komputer secara mudah tanpa perlu aplikasi tambahan apapun. Untuk menghubungkan hp Android dengan komputer, kita hanya membutuhkan kabel USB sebagai alat perantara untuk mengkoneksikan keduanya. Jadi, Android merupakan piranti yang cukup mudah disambungkan dengan perangkat PC.

10. Update Secara Berkala

android update

Satu lagi hal yang saya suka dari Android yakni adanya notifikasi update OS secara berkala. Jika sudah terdapat versi terbaru, system akan memberitahu kita untuk segera melakukan update. Dan tentunya dengan dilakukan update secara berkala, maka berbagai bugs akan hilang serta dilain sisi kita juga bisa menikmati fitur Android terbaru.

Kesimpulan

Dibalik kelebihan yang ada, setiap platform pastinya memiliki kekurangannya tersendiri. Dan untuk Android, sepanjang menggunakan platform ini, saya secara pribadi merasa cukup nyaman dan sampai sekarang ini saya juga masih menggunakan Android.

Baca juga:  

Sebenarnya saya juga menggunakan iPhone, namun saat ini saya lebih banyak memegang smartphone Android saya katimbang iPhone. Selain karena sepertinya lebih terbiasa menggunakan Android, disisi lain baterai iPhone saya juga sudah dalam kondisi drop.

0 comments

Post a Comment