Cara Mengatasi Firefox Lambat dan Sering Hang

Para pengguna browser tentu sudah sangat familiar dengan Mozilla Firefox selain Google Chrome. Nah, kali ini kita akan membicarakan Firefox dimana dalam artikel ini kita akan menjelaskan cara mengatasi Firefox lemot dan sering hang.

Bagi pengguna PC, Firefox merupakan salah satu web browser yang banyak digunakan. Layaknya Chrome, Firefox memiliki fitur yang cukup lengkap dan memudahkan pengguna dalam menjelahi ruang internet.

Namun, dalam kondisi tertentu, Firefox bisa saja membuat Anda kurang nyaman kala internetan. Misalkan browser terpantau sering macet atau berjalan dengan begitu lamban. Tentu ada trouble atau kendala tertentu yang dapat dicarikan pemecahan masalah dari hal tersebut.

Penyebab Firefox Lambat


Cara mengatasi firefox lemot

Jika Anda mendapati browser Mozilla Firefox yang ada di laptop Anda berjalan lemot atau bahkan sering hang, berikut ini beberapa penyebabnya.

1. Tumpukan Cache


Penyebab Firefox lemot yang pertama adalah karena terlalu banyak cache. Seiring dengan seringnya Anda menggunakan Firefox untuk browsing, maka cache demi cache akan tersimpan. Ini dapat mempengaruhi kinerja Firefox sehingga menyebabkan lambat atau bahkan macet.

2. Out of Date


Faktor software sudah usang juga bisa jadi menjadi penyebab Firefox lambat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda update browser Firefox di komputer Anda secara rutin jika memang sudah tersedia versi paling baru.

3. Terlalu banyak Add-ons


Penyebab Firefox lemot yang berikutnya adalah karena Anda memasang terlalu banyak add-ons dimana hal ini dapat mempengaruhi kinerja Firefox. Add-ons tentu dibutuhkan, namun usahakan untuk tidak memasang secara brelebihan.

Cara Mengatasi Firefox Lemot dan Sering Macet


Berikut ini beberapa cara mudah untuk mengatasi browser Firefox yang lambat dan sering macet. Anda dapat menerapkannya di Firefox yang telah ter-install di PC Anda.

1. Bersihkan cache secara berkala


Cara yang pertama agar Firefox di PC Anda tetap memiliki kinerja yang lancar adalah dengan membersihkan cache secara berkala. Ini akan membantu Firefox dapat memiliki kinerja yang lebih optimal dan cepat.

  • Buka menu Firefox dengan mengklik tiga baris di sudut kanan atas, lalu klik Pengaturan dari opsi yang tersedia.
  • Beralih ke halaman Privasi dan Keamanan . Gulir ke bawah hingga Anda melihat tajuk Cookie dan Data Situs.
  • Klik tombol Hapus data untuk membuka antarmuka. Pilih kedua opsi dan kemudian tunggu Firefox untuk menyelesaikan pembersihan data Anda.
  • Ketika proses pertama selesai, gulir ke bawah ke bagian History. Di sini, klik tombol Hapus Riwayat .
  • Pilih item mana yang ingin Anda hapus. Pastikan untuk meninjau dengan cermat apa yang dipilih sehingga Anda tidak kehilangan informasi penting seperti sandi yang disimpan. Setelah Anda memilih semua yang ingin Anda hapus, klik Hapus Sekarang .
  • Pastikan untuk mengulangi proses ini setiap kali Anda merasa bahwa Firefox beroperasi lamban.


2. Selalu update ke versi terbaru


Yang berikutnya adalah selalu meng-update Firefox ke versi yang terbaru. Versi usang tak menutup kemungkinan menyebabkan kinerja Firefox tersebut kurang optimal. Oleh karena itu, update Firefox yang Anda gunakan agar sederet trouble dapat teratasi.


  • Klik tombol menu, lalu arahkan kursor ke Bantuan atau Help.
  • Klik pada opsi Tentang Firefox .
  • Firefox akan memeriksa pembaruan, dan jika pembaruan baru ditemukan, kemudian akan mengunduhnya secara otomatis. Klik tombol Perbarui ke .......
  • Setelah proses selesai, klik tombol Restart to update Firefox . Browser Anda akan menerapkan pembaruan, dan Anda akan memiliki akses ke setiap fitur baru dan perbaikan bug.


3. Batasi instalasi add-ons


Kebutuhan pengguna tentu beragam, nah add-ons dihadirkan guna memenuhi kebutuhan pengguna. Namun, add-ons yang terlalu banyak dapat menyebabkan Firefox berjalan dengan lebih lamban.

  • Pada halaman depan Mozilla Firefox, klik tombol menu, lalu pilih Add-ons and Themes.
  • Beralih ke tab Ekstensi. Periksa apakah Anda melihat ada ekstensi yang tidak digunakan lagi atau entri yang mencurigakan. Misalnya, ekstensi yang tidak Anda kenali.
  • Untuk mencopot pemasangan ekstensi yang tidak ingin Anda simpan di perangkat, klik tombol Tindakan lainnya dan pilih Hapus.


4. Aktifkan akselerasi perangkat keras


Firefox adalah peramban yang sangat bagus, dan dapat dipercepat untuk bekerja lebih cepat dengan perangkat keras. Aktifkan pengaturan ini jika Anda ingin sumber daya komputer Anda digunakan lebih efisien.
  • Buka Firefox, lalu ketik "about:preferences" ke bilah alamat. Tekan tombol Enter pada keyboard Anda untuk diarahkan ke halaman preferensi.
  • Tetap di tab Umum , lalu gulir ke bawah hingga Anda melihat bagian Kinerja . Di sini, pastikan opsi " Gunakan pengaturan kinerja yang disarankan " tidak dipilih.
  • Opsi baru akan terlihat. Aktifkan “ Gunakan akselerasi perangkat keras saat tersedia ” untuk mengaktifkan akselerasi perangkat keras.
  • Sesuaikan batas proses konten jika perlu. Jika komputer Anda memiliki lebih dari 8GB RAM yang terpasang, Anda dapat membiarkannya di default 8 . Jika tidak, kurangi batas jika Firefox sangat memperlambat komputer Anda.
  • Lihat apakah browser Anda lebih cepat sekarang.

5. Kelola tab saat menggunakan Firefox


Tutup tab yang tidak digunakan untuk memastikan setiap tab tidak menghabiskan sumber daya CPU dan RAM dalam jumlah yang besar. Coba ekstensi yang secara otomatis menangguhkan yang tidak aktif, atau Anda dapat menutupnya sendiri secara manual. Direkomendasikan untuk menggunakan add-on seperti Auto Tab Discard oleh Richard Neomy. Anda dapat mencobanya jika dirasa perlu.

6. Matikan layanan Aksesibilitas


Banyak pengguna Firefox telah melaporkan bahwa browser lambat saat menggunakan layanan Aksesibilitas. Menonaktifkannya dapat menghentikan hal ini terjadi dan memberi Anda pengalaman yang lebih cepat.

  • Buka menu Firefox dengan mengklik tiga baris di sudut kanan atas, lalu klik Pengaturan dari opsi yang tersedia.
  • Beralih ke halaman Privasi dan Keamanan , lalu gulir ke bawah hingga Anda melihat bagian Izin.
  • Hapus centang " Cegah layanan aksesibilitas mengakses browser Anda " jika dipilih.
  • Mulai ulang Firefox untuk menyelesaikan perubahan dan lihat apakah peramban berjalan lebih cepat sekarang.

7. Minimalkan penggunaan memori


Firefox memiliki fungsi bawaan untuk membatasi penggunaan memori seminimal mungkin. Ini dapat membantu Anda dalam membuat browser lebih cepat.

  • Buka Firefox, lalu ketik “ about:memory ” di bilah alamat. Tekan tombol Enter pada keyboard Anda untuk diarahkan ke halaman manajemen memori.
    minimize memory usage firefox
  • Di bawah bagian Free memory, klik tombol Minimize memory usage. Setelah ini, browser akan melepaskan semua memori yang tidak perlu digunakan, yang mungkin bisa membantu.

8. Nonaktifkan Pengumpulan Data Firefox


Firefox selalu melakukan sesuatu yang cerdas untuk meningkatkan pengalaman menjelajah Anda, seperti melaporkan cara Anda menggunakan peramban web secara anonim. Tetapi ini dapat memperlambat pengalaman menjelajah Anda, jadi matikan opsi pengumpulan data tersebut jika diperlukan!

  • Arahkan ke Pengaturan > Privasi dan Keamanan .
  • Gulir ke bawah pada halaman hingga Anda melihat tajuk Pengumpulan Data dan Penggunaan Firefox . Pastikan semua opsi di bagian ini tidak dicentang.
  • Mulai ulang browser Anda dan periksa apakah pengalaman Anda lebih baik.

9. Refresh Firefox


Jika tidak ada yang berhasil, Anda dapat mencoba mengatur ulang Firefox sepenuhnya ke konfigurasi default tanpa harus menginstal ulang aplikasi. Ini akan memastikan Anda berada di default pabrik dan tidak ada penyesuaian yang memperlambat browser!

  • Buka Firefox, lalu ketik “ about:support ” di bilah alamat. Tekan tombol Enter pada keyboard Anda untuk diarahkan ke halaman dukungan.
  • Cari bagian Beri Firefox penyetelan. Di bawah ini, klik tombol Refresh Firefox .
  • Klik Segarkan Firefox lagi di jendela pop-up untuk mengonfirmasi prosesnya, lalu tunggu hingga peramban disetel ulang ke status defaultnya. Setelah itu, periksa apakah masih berjalan lambat.


Setelah mengatur ulang Mozilla Firefox, kami sarankan untuk kembali ke Metode 9 dan mengubah konfigurasi lanjutan.

Ringkasan

Banyak kiat untuk membuat kinerja browser Firefox lebih cepat dan optimal. Jika Anda mendapati Firefox yang Anda gunakan sering lambat dan macet, Anda dapat menerapkan beberapa tips diatas karena metode tersebut memang dapat mempercepat Firefox.

Demikian, semoga artikel ini berguna bagi sahabat. Jika ternyata setelah menerapkan langkah-langkah diatas Firefox masih saja lambat, maka ada baiknya Anda cek CPU Usage PC Anda melalui Ctrl + Sift + Esc. Lihat, apakah sumberdaya CPU banyak teralokasikan untuk program tertentu.

0 comments

Post a Comment