Pengalaman Pribadi Menggunakan Aplikasi Shopee (Kelebihan dan Kekurangan)

Shopee merupakan salah satu platform ecommerce atau toko online. Saya menggunakan aplikasi Shopee sudah sekitar 5 tahunan.

Nah, disini saya ingin share seperti apa pengalaman saya pribadi menggunakan aplikasi Shopee yang selain untuk belanja online juga terdapat fitur keuangan lainnya.

Secara kebetulan pada saat itu saya belanja barang secara online menggnakan aplikasi Shopee. Kebetulan barang yang saya butuhkan pada saat itu ada di Shopee sehingga akhirya saya memutuskan membuat akun Shopee untuk dapat membeli barang tersebut.

Semakin hari semakin sering saya shopping menggunakan aplikasi Shopee. Meskipun saya juga menggunakan aplikasi sejenis seperti Tokopedia namun secara keseluruhan saya lebih sering menggunakan Shopee.

Karena sudah lumayan lama menggunakan aplikasi Shopee, tentu saya memiliki kesan dan pengalaman (secara pribadi) mengenai kelebihan dan kekurangan Shopee.

Jadi, dalam artikel ini saya akan menuangkan pengalaman tersebut. Dan tentunya Anda bisa saja kontra dengan apa yang saya paparkan dibawah ini karena setiap pengguna bisa memiliki pengalaman atau penilaian yang berbeda-beda. Saya tidak mempermasalahkan hal tersebut. Ini lebih ke aspek sharing.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Shopee

Disclaimer:


Apa yang saya gambarkan dalam artikel ini adalah opini saya pribadi berdasarkan sudut pandang saya. Jadi, penilaian saya tentang aplikasi Shopee maupun hal-hal lainnya yang berkaitan dengan Shopee mungkin berbeda dengan pengguna lain.

Kelebihan Aplikasi Shopee


Secara pribadi, saya sampai dengan hari ini punya kecenderungan menggunakan aplikasi Shopee untuk belanja barang secara online dibanding menggunakan aplikasi lain karena beberapa hal berikut ini.

1. Aplikasi Shopee mudah digunakan


Kelebihan aplikasi Shopee yang saya rasakan yang pertama adalah mudah digunakan. Aplikasi Shopee memiliki user-interface dan fitur yang mudah dinavigasi sehingga lebih membuat saya nyaman saat mengeksplor produk dan fitur yang tersedia.

2. Pilihan produk relatif beragam


Saya tidak mengatakan produk yang ada di aplikasi Shopee itu benar-benar lengkap, karena tak jarang juga saya mencari suatu barang yang tidak tersedia di Shopee. Namun, bagi saya produk yang tersedia di Shopee tergolong lengkap sehingga pengguna diberikan lebih banyak pilihan.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Jika Ingin Mengajukan Pinjaman Online

3. Menyediakan fitur Gratis Ongkir Xtra


Kelebiha berikutnya yang dimiliki Shopee adalah adanya fitur gratis ongkir Xtra. Fitur ini jelas sangat berguna karena memungkinkan pengguna untuk belanja hingga 0 biaya ongkir. Saat belanja online, saya selalu mencari yang menyediakan produk dengan label Gratis Ongkir Xtra agar saya tidak terkena biaya ongkir yang lumayan mahal.

Shopee gratis ongkir Xtra

4. Sistem pembayaran sangat mudah dengan berbagai pilihan


Shopee menyediakan sistem pembayaran yang cukup memudahkan pengguna. Selain itu, tersedia beragam pilihan cara membayar tagihan belanja barang online, termasuk COD (Cash On Delivery) yang mana saat saldo kita di bank tidak cukup, maka kita bisa memanfaatkan bentuk pembayaran COD ini.

5. Fitur sangat lengkap


Fitur yang dapat kita manfaatkan di aplikasi Shopee semakin hari semakin lengkap. Bahkan, sekarang ini pengguna juga bisa mengajukan pinjaman online sampai dengan nominal yang terbilang tidak sedikit. Saya sendiri sudah cukup sering mengajukan pinjaman lewat fitur Shopee Pinjam (SPinjam).

6. Belanja online aman


Untuk poin ini sebenarnya tidak perlu disinggung lagi karena umumnya platform ecommerce resmi pasti menawarkan cara belanja online yang dijamin aman. Namun, supaya cerita pengguna dalam artikel ini terlihat lengkap, maka poin ini tetap saya sebutkan mengingat intisari dari artikel ini adalah pengalaman pengguna (saya secara pribadi).

7. Bisa mencari harga produk paling murah


Alasan harga sudah pasti menjadi pertimbangan penting bagi sebagian besar pengguna, termasuk saya. Karena jumlah toko di Shopee sangat banyak, maka para penjual tentunya "berkompetisi" memberikan harga murah sehingga saya selaku pengguna merasa bisa mendapatkan harga yang paling murah saat belanja online di Shopee.

Nah, itulah beberapa kelebihan aplikasi Shopee menurut pengalaman saya pribadi. Bagaimana dengan kekurangannya? Apa sajakah kekurangan Shopee?

Kekurangan Aplikasi Shopee


Punya banyak kelebihan bukan berarti aplikasi Shopee atau layanan yang disediakan Shopee ini tidak memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan Shopee menurut pengalaman saya.

1. Aplikasi lambat ketika digunakan untuk jangka waktu lumayan lama


Berbicara mengenai kinerja aplikasi, saya sangat merasakan masalah kinerja aplikasi Shopee yang menjadi sangat lamban ketika kita menggunakannya untuk jangka waktu yang lumayan lama. Jadi, harus di restart dulu aplikasinya supaya kembali normal loadingnya. Terkadang saya butuh berlama-lama saat mencari barang tertentu yang belum ketemu dengan pilihan yang pas, dan disitu saya merasakan aplikasi kian lambat. Saya pernah menyampaikan hal ini ke Customer Servie Shopee, namun jawabannya hanya berupa jawaban diplomatis.

2. Cukup banyak barang dengan kualitas dibawah standar


Entah Anda sepaham dengan saya atau tidak, menurut hemat saya, tidak sedikit barang yang dijual di apliksi Shopee itu berupa barang murahan (tidak berkualitas).

Jadi, dipihak pengguna harus bisa lebih jelih dan cermat saat belanja. Biasanya saya akan menerapkan fitur filter berdasarkan rating dan mem-filter barang yang memiliki rating 5 untuk barang yang ingin saya beli.

Meskipun itu bukan jaminan bahwa saya akan mendapatkan barang yang bagus, namun setidaknya rating bagus merupakan satu indikator kualitas barang tersebut.

Ringkasan


Shopee merupakan salah satu pemain besar dalam industri ecommerce di Indonesia dan di sejumlah negara di Asia Tenggara. Seperti uraian diatas, Shopee menawarkan kemudahan, kelebihan, dan juga sejumlah kekurangan untuk pengguna. Dan terlepas dari kekurangan yang ada, sampai saat ini saya masih sering menggunakan aplikasi Shopee saat ada keperluan belanja barang secara online.

Bagaimana dengan Anda? Seperti apa pengalaman Anda menggunakan aplikasi Shopee? Anda bisa share dengan saya melalui kolom komentar dibawah.

0 comments

Post a Comment