5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Jika Ingin Mengajukan Pinjaman Online

Sejak era digital kian dominan, segala sesutu kemudian dapat diwujudkan secara online, tak terkecuali mengajukan pinjaman online (Pinjol) yang sekarang ini sudah cukup populer dikalangan masyarakat.

Pada prinsipnya, seseorang yang ingin meminjam uang secara online lewat aplikasi adalah untuk memenuhi kebutuhan keuangan mereka, apakah itu untuk konsumtif, biaya perbaikan rumah, ataupun untuk keperluan penting lainnya.

Dan yang perlu disadari adalah, bahwa dengan meminjam, maka Anda akan memiliki beban yang perlu Anda selesaikan. Setiap bentuk pinjaman, termasuk pinjaman online melalui aplikasi Pinjol pasti memiliki sisi kelebihan dan juga kekurangannya tersendiri.

Oleh sebab itu, adalah amat penting bagi Anda untuk memperhatikan sejumlah hal sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman dana online ke lembaga atau penyedia layanan pinjaman online tertentu.

Berikut ini diinfokan beberapa hal penting yang patut Anda pikirakan dengan matang sebelum meminjam uang secara online.

Perhatikan Ini Sebelum Pinjam Uang Online Lewat Aplikasi


Hal yang Perlu Anda Perhatikan Jika Ingin Mengajukan Pinjaman Online
Gambar ilustrasi Mengajukan Pinjaman Online

Tentu tidak ada salahnya untuk memanfaatkan aplikasi Pinjol guna dapat memenuhi kebutuhan finansial Anda, terlebih jika kebutuhan tersebut cukup mendesak. Hal ini dapat menyelesaikan masalah keuangan Anda untuk jangka waktu tertentu. Namun, pastikan Anda tidak asal mengajukan pinjaman online tanpa memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Wajib Memilih Aplikasi Pinjol yang Legal


Saat ini ada ratusan atau bahkan mungkin ribuan aplikasi Pinjol ilegal yang dapat menjebak Anda ke dalam masalah keuangan yang sangat serius.

Mereka para pemberi pinjaman ilegal ini umumnya mematok bunga yang tidak masuk akal atau terlalu tinggi. Meskipun proses pencarian pinjaman mudah, namun Anda akan dihadapkan dengan berbagai masalah dikemudian hari, khususnya sulit membayar tagihan karena bunga terlampau besar.

Jadi, jangan pernah memberanikan diri untuk mengajukan pinjaman dana online melalui aplikasi yang tidak terdaftar di OJK, karena itu artinya ilegal dan bahaya untuk Anda.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai daftar aplikasi Pinjol resmi, Anda dapat mengakses situs resmi OJK.

2. Ketahui, Seberapa Butuh Anda dengan Dana Tersebut


Jangan terpedaya dengan mudahnya pinjam duit online tanpa memperhatikan seberapa membutuhkan Anda terhadap dana tersebut. Ingat, bahwa dengan meminjam, maka itu artinya Anda akan memiliki tanggungan yang perlu dilunasi.

Jika memang tidak terlalu mendesak, sebaiknya pikirakan kembali untuk mengajukan pinjaman online agar tidak membawa keuangan Anda pada situasi yang lebih sulit dikemudian hari.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Fintech di Indonesia

3. Ukur Kemampuan Keuangan Anda


Adalah sangat penting untuk mengukur finansial Anda, karena jika Anda hanya meminjam begitu saja tanpa mengukur tingkat kemampuan Anda dalam melakukan pelunasan, maka dapat dipastikan ini akan memperburuk membuat keuangan Anda menjadi semakin tidak sehat.

Berapa ukuran maksimal kemampuan keuangan Anda? Jadikan hal tersebut sebagai barometer untuk menentukan nilai uang yang realistis untuk Anda pinjam agar situasinya tidak menyulitkan Anda jika sudah tiba waktu untuk melakukan pelunasan hutang.

4. Pilih Jangka Waktu Pinjaman yang Sesuai


Anda juga perlu untuk memilih jangka waktu pinjaman yang sesuai dengan arus keuangan Anda. Sebuah gambaran, misalkan penghasilan bulanan Anda adalah sebesar 4 juta rupiah, kemudian Anda mengajukan pinjaman 5 juta rupiah, maka untuk lebih amannya kira-kira Anda perlu mengambil tenor pinjaman selama 4-5 bulan.

Memang, semakin lama tenornya maka semakin besar pula bunganya. Namun, tentunya Anda juga perlu mengukur kemampuan Anda melunasi hutang tersebut bedasarkan ukuran penghasilan Anda dan jumlah uang yang Anda pinjam.

5. Selalu Ingat dengan Hutang Anda


Kurang mengingat bahwa Anda memiliki hutang tak jarang akan membuat kita merasa "aman" yang pada akhirnya akan membuat kita kedodoran saat waktu untuk membayar hutang telah tiba.

Selain untuk mengantisipasi telat bayar yang pastinya akan membuat Anda dikenai denda, mengingat dengan hutang Anda akan membuat Anda selalu mempersiapkan diri untuk melunasi hutang tersebut tepat waktu.

Bukan berarti menyuruh Anda untuk mengingat hutang sepanjang hari, namun intinya disini adalah jangan bersikap abai terhadap beban hutang yang Anda miliki karena ini bisa membuat Anda kurang mempersiapkan diri untuk melaksanakan tanggung jawab Anda.

Kesimpulan


Adanya aplikasi pinjam uang online dengan syarat yang relatif mudah dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan suntikan dana ketika ada kebutuhan mendesak. Pinjaman online mungkin bisa menjadi alternatif dengan catatan segala sesuatunya telah dipertimbangkan secara matang.

Hindari meminjam uang lewat aplikasi dengan dasar kebutuhan yang kurang penting, hal ini dapat membuat keuangan Anda tidak sehat yang pada akhirnya akan menjerat Anda karena beban keuangan yang tidak setara dengan pemasukan Anda.

0 comments

Post a Comment