7 Cara Memperbaiki Keyboard Yang Mengetik Banyak Karakter di Windows 10

Komputer mengalami trouble berupa keyboard mengetik sendiri dapat terjadi pada OS Windows 10 maupun versi Windows lainnya. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu, khususya ketika kita sedang intens dengan pekerjaan yang membutuhkan komputer.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa cara untuk mengatasi laptop mengetik karakter sendiri yang dapat Anda terapkan pada PC Anda jika sedang mengalami trouble yang satu ini.

Tentu tidak ada yang mengingikan keyboard mengetik banyak huruf saat Anda menggunakan komputer. Ini juga akan mengaktifkan pintasan keyboard yang tidak perlu, menambahkan kesalahan pada tulisan Anda dan menghambat pekerjaan Anda.

Namun, jika Anda mendapati keyboard laptop Anda membuat Anda terlihat seperti sedang mengetik sendiri, ada beberapa cara untuk memperbaiki keyboard yang mengetik banyak huruf di Windows 10 yang telah kami rangkumkah pemecahan masalahnya berikut ini.

Apa yang bisa dilakukan jika keyboard laptop mengetik sendiri?

Cara Memperbaiki Keyboard Yang Mengetik Banyak Karakter di Windows 10
Gambar ilustrasi Keyboard mengetik sendiri

Agar tidak menghambat aktivitas pekerjaan Anda yang tak lepas dari komputer, baik itu untuk menyiapkan dokumen, membuat laporan keuangan berbasis Excel, maupun yang lainnya, sudah seyogyanya Anda melakukan perbaikan secepatnya.

Jika secara tiba-tiba PC keyboard terlihat mengetik sendiri tanpa Anda menekan tombol apapun, berikut ini beberapa langkah untuk menghentikan permasalahan tersebut. Anda bisa coba terapkan pada komputer atau PC yang Anda gunakan.

1. Restart PC Anda


Saat kita melalui langkah pemecahan masalah apa pun pada PC, restart atau memulai ulang PC dapat menjadi langkah pertama. Melakukan restart mungkin cukup untuk memperbaiki masalah karena menghapus data apa pun yang memperlambat perangkat Anda dan menghentikan tugas apa pun yang menggunakan terlalu banyak RAM.

Selain itu, reboot mungkin juga dapat memperbaiki beberapa perangkat keras dan perangkat periferal. Jika komputer Anda baru saja mengunduh pembaruan, Anda harus memulai ulang untuk memastikan kelancaran fungsi.

2. Periksa Kebersihan pada Keyboard


Jika keyboard Anda sudah agak tua, mungkin sudah terkumpul cukup banyak debu atau kotoran yang dapat membuatnya tidak berfungsi dengan baik, terutama jika Anda lebih suka menggunakan keyboard mekanis. Jika menurut Anda ini adalah penyebab masalah laptop mengetik sendiri, Anda perlu membersihkan keyboard Anda dengan baik. Sayangnya, ini lebih dari sekadar membalikkan keyboard Anda dan menghilangkan semua debu.

Untuk keyboard mekanis, Anda dapat menggunakan penarik kunci untuk melepas kunci dan membersihkannya secara menyeluruh atau menggunakan semacam alat peniup udara. Jika keyboard Anda adalah bagian dari laptop, itu mungkin pertanda bahwa Anda juga perlu membersihkan bagian dalamnya sehingga perlu dibongkar.

Kemudian, koneksi yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab masalah keyboard mengetik sendiri tanpa henti. Jika Anda menggunakan keyboard USB, lepaskan dan sambungkan kembali atau gunakan port USB yang berbeda untuk mencoba keluar dari trouble yang ada.

3. Jalankan Troubleshoter Keyboard Windows 10


Untk Anda yang menggunakan OS Windows 10, Anda dapat menggunakan troubleshoter atau pemecah masalah bawaan Windows 10 untuk memperbaiki beberapa masalah perangkat keras. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menjalankan pemecah masalah pada keyboard:

  • Klik kanan Mulai > Pengaturan (atau tekan Win + I ).
  • Buka Pembaruan & Keamanan> Pemecahan Masalah> Pemecah masalah tambahan .
  • Dari bagian Temukan dan perbaiki masalah lainnya , pilih Keyboard > Jalankan pemecah masalah .
  • Ikuti petunjuk yang ditampilkan.


4. Jalankan Windows Security


Anda dapat menggunakan Windows Security atau Keamanan Windows untuk memindai laptop atau PC Anda dari file berbahaya atau rusak yang dapat menghambat fungsionalitas keyboard. Berikut ini bisa Anda ikuti bagaimana Anda dapat melakukannya:

  • Buka Pengaturan, lalu buka Pembaruan & Keamanan.
  • Dari panel kiri, pilih Keamanan Windows > Buka Keamanan Windows > Perlindungan virus dan ancaman.
  • Klik tombol Pindai cepat . Windows 10 akan menghapus file berbahaya yang terdeteksi.
  • Setelah pemindaian selesai, silahkan coba test keyboard Anda.


5. Perbarui Driver Keyboard


Driver keyboard komputer Anda mungkin telah usang atau rusak, sehingga kemudian menyebabkan beberapa masalah koneksi antara keyboard dan PC. Untuk memperbaikinya, Anda harus memperbarui driver:

  • Klik kanan Mulai > Manajer perangkat.
  • Perluas menu Keyboard.
  • Klik kanan driver dan pilih Perbarui driver.


Jika ini tidak menemukan apa-apa, temukan pabrikan dan nomor model keyboard Anda dan cari driver di situs web resmi perusahaan. Anda biasanya dapat menemukan keduanya pada stiker di keyboard itu sendiri. Jika gagal, cari kemasan atau temukan tanda terima pembelian untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga:

6. Periksa Pengaturan Bahasa Windows 10


Windows 10 mendeteksi bahasa input default pada perangkat Anda tetapi terkadang tidak melakukannya dengan benar. Ini kemudian dapat menyebabkan masalah terkait keyboard. Berikut yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

  • Buka menu Settings atau Pengaturan.
  • Buka Waktu & Bahasa > Keyboard Bahasa .
  • Di bagian Override for default input method , gunakan menu tarik-turun untuk memilih bahasa pilihan Anda.


Selain itu, Anda harus menghapus paket bahasa tambahan atau bahasa keyboard yang tidak Anda gunakan. Buka menu Bahasa menggunakan langkah-langkah di atas dan gulir ke bawah ke menu pilihan bahasa. Disana, silahkan Anda klik bahasa yang tidak Anda gunakan atau tidak sengaja diinstal dan pilih Delete atau Hapus.

7. Ubah Penundaan Pengulangan Keyboard


Di Windows 10, Anda dapat menggunakan pengaturan keyboard untuk mengubah penundaan pengulangan kunci dari pendek menjadi panjang. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menunda waktu antara penekanan tombol berulang:

  • Di bilah pencarian menu Mulai, cari panel kontrol dan pilih yang paling cocok.
  • Buka menu Lihat menurut dan pilih Ikon besar atau Ikon kecil .
  • Pilih Keyboard untuk mengakses propertinya.
  • Klik Terapkan > OK untuk menyimpan pengaturan baru.


Kesimpulan


Mungkin agak sulit untuk mengidentifikasi penyebab pasti keyboard komputer mengetik banyak karakter dengan sendirinya. Namun, ada beberapa langkah pemecahan masalah yang dapat Anda coba sehingga Anda dapat kembali menulis tanpa kesalahan tanpa adanya gangguan keyboard mengetik sendiri.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi keyboard mengetik sendiri yang dapat terjadi pada Windows 10 ataupun versi Windows lainnya, Anda bisa mencoba mengikuti panduan yang dijelaskan dalam artikel ini, dan semoga masalah tersebut dapat teratasi tanpa perlu melakukan langkah susulan lainnya.

0 comments

Post a Comment