Cara Mengatasi HP OPPO Hanya Muncul Tulisan OPPO Saat Dinyalakan

Untuk Anda yang menggunakan smartphone OPPO dan sedang dihadapkan dengan kendala dimana HP OPPO hanya muncul tulisan OPPO saja solusinya akan dibahas dalam postingan ini. Anda bisa menyimak ulasan ini dan diharapkan akan dapat membantu Anda untuk mengatasi trouble tersebut.

Seperti diketahui, OPPO merupakan salah satu produsen smartphone berbasis Android yang dalam beberapa tahun terakhir ini kian mendapat tempat di pasar smartphone Indonesia.

OPPO pertama kali masuk pasar Indonesia yakni diawal 2013 lalu, dimana sejak kemunculannya OPPO smartphone terbilang mendapat sambutan yang cukup positif dari kalangan pengguna gawai di Tanah Air.

Kehadiran smartphone OPPO terbaru pun kian mendapat perhatian, dan sampai dengan penghujung tahun 2020 ini OPPO masuk dalam daftar brand smartphone terpopuler dan berpengaruh di Indonesia.

Penyebab HP OPPO Hanya Muncul Tulisan OPPO Saat Dinyalakan

Penyebab HP OPPO Hanya Muncul Tulisan OPPO Saat Dinyalakan

HP OPPO yang hanya muncul logo OPPO saat dihidupkan merupakan satu kondisi dimana smartphone OPPO tersebut sedang mengalami bootloop.

Bootloop adalah kondisi dimana smartphone gagal masuk ke sistem karena adanya permasalahan pada sisi perangkat lunak. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab HP OPPO mengalami bootloop.

1. Sering Mencabut Baterai Tanpa Mematikan HP

Sering Mencabut Baterai Tanpa Mematikan HP

Penyebab HP OPPO ataupun merk smartphone lainnya mengalami bootloop sehingga hanya menampilkan logo saat dinyalakan adalah dikarenakan pengguna sering melepas baterai tanpa mematikan HP terlebih dahulu.

Meskipun ini bukan satu-satunya penyebab HP bootloop, namun jika sering dilakukan dapat menyebabkan trouble pada sisi perangkat lunak dimana ini termasuk pola pemakaian smartphone yang salah yang perlu dihindari.

2. Rooting

Rooting

Agar bisa mendapatkan akses tanpa batas, pengguna smartphone tak sedikit yang memilih untuk melakukan rooting pada smartphone yang mereka gunakan.

Root Android memungkinkan pengguna bersangkutan untuk mendapatkan akses super user, misalkan untuk menghapus aplikasi bawaan yang dirasa tidak dibutuhkan, memasang aplikasi tertentu, atau menikmati sejumlah fitur tertentu yang tidak tersedia tatkala ponsel masih dalam kondisi un-rooted.

Terlepas dari akses lebih luas, resiko yang akan Anda hadapi setelah melakukan rooting salah satunya adalah HP bisa mengalami bootloop.

3. Instalasi Custom ROM

Instalasi Custom ROM

Penyebab lain dari bootloop yang sangat umum adalah user melakukan flashing dan memasang custom ROM.

Custom ROM adalah sebuah firmware non-official (firmware tidak resmi) yang bisa di download dan di install secara mudah. Custom ROM biasanya dilakukan untuk keperluan user-interface yang lebih bagus. Namun, kerugian yang akan ditanggung pengguna diantaranya adalah berpotensi membuat HP menjadi bootloop.

4. Usia Pemakaian

Usia Pemakaian

Setiap perangkat berbasis komputer akan mengalami penurunan kinerja seiring dengan usia pemakaian. Intensitas penggunaan tinggi dan waktu pemakaian yang sudah cukup lama secara teori akan membuat HP Anda dihadapkan dengan kendala teknis tertentu, termasuk bootloop.

Untuk menjaga kinerja smartphone agar bisa lebih awet, caranya adalah dengan memperhatikan pola penggunaan yang baik. Dengan begitu, smartphone akan memiliki life-time yang lebih lama.

5. eMMC Lemah

eMMC Lemah

eMMC atau  Embedded Multi Media Controller yang lemah termasuk salah satu penyebab HP sering bootloop.

Apa itu eMMC?

eMMC adalah salah satu komponen terpenting pada smartphone sebagai IC sarana media penyimpanan smartphone. Penyebab eMMC rusak atau mulai melemah diantaranya adalah pola charging baterai yang tidak sesuai prosedur, sering melepas baterai tanpa mematikan HP, dan sering melakukan flashing.

Cara Mengatasi HP OPPO Hanya Muncul Tulisan OPPO Saja

Cara Mengatasi HP OPPO Hanya Muncul Tulisan OPPO

Setiap smartphone, baik itu OPPO, Huawei, Samsung, maupun merk smartphone lainnya dapat mengalami permasalahan pada sistem yang menyebabkan smartphone tersebut tidak bisa dibuka sebagaimana mestinya.

Salah satu kasus yang sering dihadapi pengguna adalah HP hanya muncul logo tanpa bisa masuk ke sistem untuk bisa mengoperasikan ponsel tersebut seperti biasanya.

Bootloop merupakan sebuah kondisi yang cukup sering dialami oleh sebagian pengguna smartphone seiring dengan usaia pemakaian smartphone tersebut yang sudah terbilang cukup lama.

Jadi, bagi Anda yang dihadapkan dengan masalah HP OPPO hanya muncul tulisan OPPO saja, Anda tidak perlu kaget. Berikut ini cara mengatasi trouble tersebut yang segera bisa Anda praktikkan agar smartphone OPPO milik Anda kembali normal.

1. Matikan HP

Silahkan Anda coba matikan HP OPPO Anda, kemudian lepas baterai, cabut kartu SIM serta kartu memory jika ada. Kemudian, silahkan pasang kembali, lalu aktifkan smartphone OPPO Anda.

Cara ini merupakan metode paling sederhana untuk mengatasi HP OPPO hanya keluar tulisan OPPO saat dihidupkan. Tentu saja cara ini tidak dijamin bisa berhasil. Dan jika tidak memberikan solusi, silahkan ikuti langkah selanjutnya.

2. Hard Reset

Hard Reset atau factory reset merupakan salah satu cara untuk mengatasi HP Android bootloop. Cara ini tidak dijamin memberikan solusi, namun metode ini lebih berpeluang memberikan solusi katimbang cara yang pertama tadi.

Sebelum melakukan hard reset, pastikan Anda sudah backup semua data-data penting di smartphone Anda. 

Cara reset OPPO:

  • Matikan smartphone OPPO.
  • Tekan tombol Power + tombol Volume Bawah secara bersamaan sampai muncul menu recovery mode.
  • Jika sudah, silahkan gunakan tombol volume untuk menavigasi menu, dan pilih Wipe Data atau Reset.
  • Selanjutnya proses hard reset akan berjalan, dan HP Anda akan restart dengan sendirinya setelah selesai.

3. Unroot Smartphone

Cara berikutnya untuk mengatasi HP OPPO hanya muncul tulisan OPPO saja adalah dengan melakukan unrooting.

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab hp bootloop adalah dikarenakan user melakukan rooting. Nah, untuk mengembalikan smartphone Anda seperti sediakala, Anda bisa melakukan unrooting.

4. Update System

Semisal Anda sudah bisa masuk ke system, namun sekali-sekala masalah bootloop ini tetap Anda jumpai, Anda bisa coba cek update sytem.

Jika tersedia versi terbaru dari system yang aktif di smartphone Anda, silahkan lakukan update. Update system memungkinkan smartphone Anda terhindari dari kendala-kendala teknis tertentu yang berkaitan dengan software system.

Baca juga:

5. Lakukan Flashing

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi HP OPPO Android hanya muncul tulisan OPPO saja saat dihidupkan adalah dengan melakukan flashing.

Dengan melakukan flashing, itu artinya Anda akan mengganti firmware yang aktif di smartphone Anda. Dalam hal ini, sebelum melakukan flashing, pastikan Anda memilih firmware asli dan tidak mendownloadnya disembarang tempat.

Pastikan juga bahwa Anda memilih versi firmware sesuai dengan tipe HP OPPO Anda. Jangan sampai salah, karena hal ini dapat menyebabkan proses flashing gagal dan bahkan semakin memperparah kerusakan sistem di hp Anda.


Penutup

HP bootloop atau tidak bisa masuk ke system bukanlah hal baru. Sebagian pengguna smartphone pasti pernah mengalami hal ini, khususnya jika smartphone tersebut sudah digunakan cukup lama.

Untuk pemilik HP OPPO, silahkan terapkan cara diatas bagi Anda yang ingin mengatasi HP OPPO hanya muncul tulisan OPPO saja saat Anda nyalakan. Semoga berhasil, dan selamat mencoba.

0 comments

Post a Comment