Penyebab HP Tidak Bisa di Cas Setelah Kena Air

Untuk ponsel yang tidak dilengkapi fitur proteksi terhadap air, ketika ponsel tercebur ke air atau terkena air akan menyebabkan berbagai kerusakan pada komponen perangkat keras ponsel tersebut. Alhasil, ponsel tidak bisa digunakan secara normal atau bahkan matot alias mati total.

Perangkat elektronik momok terhadap air, termasuk smartphone. Berbeda dengan smartphone yang sudah memiliki fitur tahan air, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir saat ponsel Anda terkena air. Adapun salah satu penyebab hp tidak bisa di cas adalah dikarenakan kecelup air yang akan kita bahas disini.

Pada umumnya, penyebab hp tidak bisa di cas setelah kena air adalah dikarenakan adanya komponen ponsel yang mengalami kerusakan. Jalur charging ponsel juga tidak selalu sama. Rangkaian jalur cas baterai hp ada yang terhubung ke bagian LCD sehingga harus mengganti LCD - meskipun fungsi LCD masih normal.

Penyebab HP tidak bisa di cas setelah kemasukan air


Penyebab HP Tidak Bisa di Cas Setelah Kena Air

Dalam kebanyakan kasus, hp yang sempat kecebur ke air akan menyebabkan sejumlah komponen di dalam ponsel mengalami kerusakan sehingga fungsinya menjadi tidak normal atau sama sekali tidak berfungsi.

Adapun pada umumnya ketika hp tidak bisa di cas dan sebelumnya sempat kemasukan air adalah karena masalah hardware berikut ini:

1. Board Charger Rusak


Penyebab hp tidak bisa di cas setelah kemasukan air yang pertama adalah dikarenakan terjadi kerusakan pada komponen hardware berupa board charger konektor atau papan PCB yang fungsinya untuk keperluan pengisian daya pada baterai.

Harga board charger sebenarnya tidak mahal. Namun, kualitas dari board charger after market jelas beda jauh dengan yang orisinilnya. Untuk hp Poco M3, harga papan konektor cas berkisar antara 15-30 ribu.

2. Rangkaian Jalur Charger


Rangkaian jalur charging atau pengecesan ponsel berbeda-beda. Masih pada hp Poco M3 dimana rangkaian jalur isi ulang baterai melewati kabel yang tersambung dengan LCD, sehingga jika rusak maka Anda perlu membeli LCD baru.

Walaupun LCD masih fungsi normal, namun jika konektor untuk chargernya ada masalah tentu Anda perlu mengganti LCD karena hanya dengan cara itu ponsel Anda bisa di cas seperti biasa.

Cara mengatasi HP tisak bisa di cas setelah kena air


Jika hp Anda tidak bisa di cas setelah kena air, ada sejumlah langkah untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi hp kemasukan air yang bisa Anda terapkan pada ponsel Anda.

1. Bersihkan HP dari Air


Jika kejadiannya relatif baru, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melepas casing beserta baterai untuk kemudian Anda bersihkan sisa-sisa air yang masih menempel di bagian dalam ponsel. Namun, langkah ini hanya berlaku apabila waktu terkena air tersebut masih belum lama. Jika sudah rusak, tentu saja ini tidak cukup.

2. Buka Casing HP


Buka casing HP

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuka casing hp. Sesudah itu, silahkan amati semua komponen hardware ponsel Anda, pastikan tidak ada yang karatan atau terdapat semacam tepung berwarna putih dimana itu adalah air yang sudah mengering. Kondisi itu dapat menyebabkan kerusakan pada konektor cas. Silahkan bersihkan hingga sangat bersih menggunakan kain halus atau tisu dan tiner.

Setelah itu, coba pasangkan kembali konektor cas dan coba untuk di cas. Apakah masih bisa atau tetap tidak mau mengisi.

3. Ganti Board Charger


Board Charger POCO M3

Seperti sudah disebutkan diawal tadi, salah satu penyebab hp tidak bisa di cas setelah terendam air dalam jangka waktu yang lumayan lama adalah karena board charger sudah rusak akibat terkena air. Anda bisa mengganti konektor charger atau board charger.


4. Periksa Jalur Charging


rangkaian konektor cas

Nah ini sudah disebutkan juga tadi, bahwa alur pengisian daya baterai rangkaiannya bisa juga terhubung dengan LCD. Apabila hp tidak bisa di cas karena faktor yang satu ini, maka Anda wajib ganti LCD baru. Sayangnya, harga LCD hp terbilang sangat mahal.

5. Tidak perlu Factory Reset


Ini sekedar mengingatkan bagi Anda yang belum seberapa mengerti mengenai cara penanganan ponsel rusak, dalam konteks yang dibahas dalam artikel ini - yaitu hp tidak bisa di cas setelah kena air, Anda tidak perlu melakukan reset atau menyetel ulang ke setelan pabrik. Hal ini sia-sia saja. Pada umumnya reset bisa dilakukan untuk mengatasi trouble hp yang berkaitan dengan software atau aplikasi. Kalau kasusnya kena air, langkah perbaikan yang perlu diambil adalah ke bagian hardware atau perangkat kerasnya.

0 comments

Post a Comment