Tips Membeli Smartphone Bekas Untuk Pemula

Smartphone atau ponsel cerdas merupakan sebuah perangkat pintar yang sekarang ini bisa dikatakan telah dimiliki semua orang. Dengan smartphone, Anda bisa berkomunikasi secara mudah, mengakses situs apapun sesuai keperluan, termasuk untuk belanja online, streaming video, dan juga browsing informasi di internet.

Smartphone juga dapat menunjang aktivitas pekerjaan Anda. Dengan perannya sebagai gadget multi fungsi, maka tidak mengherankan jika sebagian besar orang faktanya tidak bisa lepas dari smartphone dalam sehari-hari mereka.

Saat ingin membeli smartphone, Anda diberikan dua pilihan, yakni membeli smartphone baru atau dalam kondisi bekas pakai. Keduanya punya sisi kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan khusus untuk pemula, Anda perlu memperhatikan berbagai hal saat Anda ingin membeli smartphone second.

Apapun platform smartphone yang ingin Anda beli dalam kondisi second-hand, baik itu Android maupun iOS, Anda perlu lebih cermat saat ingin membeli ponsel tersebut. Agar Anda terhindar dari hal-hal yang merugikan setelah membeli HP bekas, ada baiknya Anda simak beberapa tips membeli smartphone bekas seperti diulas dibawah ini.

Kelebihan dan Kerugian Beli Smartphone Bekas

Dibanding membeli smartphone dalam kondisi baru, membeli smartphone bekas pastinya menyisakan sejumlah kekurangan. Namun, dibalik kekurangannya ada juga kelebihannya bagi konsumen. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dan kelebihan beli HP bekas.

a. Kelebihan

  • Harga jauh lebih murah.
  • Tidak perlu menyiapkan terlalu banyak uang (tergantung type dan merk).
  • Saat ini banyak toko online yang menjual smartphone bekas dalam berbagai kondisi.

b. Kekurangan

  • Beresiko karena sudah pernah digunakan.
  • Tidak mudah untuk menemukan smartphone bekas dengan fisik yang masih mulus.
  • Kondisi baterai acapkali sudah tidak dalam kondisi bagus.
  • Sangat mungkin telah terjadi kerusakan, khususnya pada hardware tertentu.

Nah itulah beberapa kelebihan serta kekurangan membeli hp bekas yang perlu Anda pahami jika Anda berniat untuk membeli smartphone second. Dan pada intinya, jika Anda ingin beli smartphone bekas, pastikan Anda melakuken pengecekan secara seksama.

Tips Membeli Smartphone Bekas Untuk Pemula


Tips beli Smartphone bekas

Apapun merk serta type smartphone yang ingin Anda beli, pastikan Anda tidak asal keluar uang lantaran terlanjur tergoda dengan smartphone tersebut. Anda perlu lebih waspada, karena bagaimanapun juga smartphone bekas pakai pasti tidak sebagus smartphone baru.

Untuk membantu sahabat pembaca yang ingin membeli smartphone bekas, berikut ini beberapa kiat penting untuk membeli hp bekas bagi pemula.

1. Tentukan Platform

Tentukan Platform

Seperti diketahui, platform smartphone bisa berupa Android ataupun iOS. Masing-masing sistem operasi smartphone ini menawarkan kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Android dikenal sebagai operting system yang ramah pengguna, ringan, dan didukungan dengan ratusan ribu aplikasi yang mana sebagian besar darinya dapat digunakan secara gratis tanpa perlu membayar sepeserpun.

Sementara untuk iOS, OS milik Apple ini juga punya nilai tawar tersendiri bagi pengguna. Jika Anda sudah pernah menggunakan iOS, Anda tentu sudah sangat mengenal apa saja kelebihan yang ditawarkan iOS.

Saat ingin membeli smartphone bekas, pastikan Anda telah menentukan pilihan apakah ingin menggunakan Android atau iOS. Hal ini penting, karena Android dan iOS menawarkan fitur dan cara pengoperasian yang sedikit berbeda.

Simak juga yang berikut ini:

2. Pilih Merk Terpercaya

Pilih Merk Terpercaya

Jika diperhatikan, tidak sedikit brand atau merk smartphone diluar sana yang berani memberikan harga 'terlampau' murah bagi konsumen. Tapi, ingat, memilih merk terpercaya adalah salah satu pertimbangan terpenting saat membeli smartphone.

Usahakan untuk memilih merk yang terpercaya yang telah teruji kualitasnya. Jangan hanya karena murah. Percuma Anda beli hp murah, tapi pada akhirnya akan membuat Anda merugi karena lebih cepat rusak dari yang seharusnya.

3. Kapasitas RAM

Kapasitas RAM

Random Access Memory atau yang disingkat RAM merupakan salah satu komponen hardware pada perangkat berbasis komputer yang mana fungsinya sangat penting. Selain chipset, RAM merupakan penentu seberapa cepat smartphone saat digunakan.

Agar smartphone dapat digunakan secara lancar, khususnya untuk multi-tasking, usahakan untuk memilih smartphone dengan kapasitas RAM 3-4GB. Atau paling tidak 2GB RAM.

Harga smartphone second dengan RAM 1GB pastinya lebih murah, namun ukuran kapasitas RAM 1GB masih belum cukup untuk keperluan multi-tasking. Terlebih seiring dengan usia pemakaian ponsel yang sudah lama, Anda akan dihadapkan dengan load yang sangat lambat.

4. Sudah Support 4G

Sudah Support 4G

Sebagian smartphone bekas yang Anda jumpai diluar sana, baik itu di konter HP maupun di toko online masih menggunakan jaringan type 3G, padahal saat ini jaringan 4G adalah yang umum digunakan.

Berapapun budget Anda, sebaiknya Anda memilih smartphone yang telah mendukung jaringan 4G LTE. Selain untuk menikmati akses internet yang lebih cepat, teknologi 3G saat ini telah ketinggalan jaman. Bahkan, sekarang ini tengah dikembangkan teknologi 5G.

5. Kondisi Fisik

Kondisi Fisik

Meskipun bekas, bukan berarti smartphone yang Anda beli punya cacat fisik yang terlalu kelihatan. Jadi, Anda perlu mengecek kondisi fisik smartphone dengan sangat seksama.

Sekalipun mendapatkan smartphone second dengan body yang masih mulus itu tidak mudah, namun Anda tetap bisa menemukannya sepanjang Anda bisa lebih sedikit bersabar dan tidak terburu-buru untuk membeli.

Pastikan juga Anda mengecek kondisi layar atau LCD. Harga LCD smartphone nyaris setera dengan smartphone, jadi jangan sampai Anda kecolongan dan harus merugi karena memilih smartphone bekas dengan LCD yang telah rusak.

6. Software dan Fitur

Software dan Fitur

Seteleh selesai mengecek kondisi fisik, selanjutnya Anda perlu melakukan pengecekan pada bagian software dan fitur smartphone tersebut. Silahkan coba gunakan smartphone tersebut, dan amati serta cermati apakah ada salah satu fitur yang serasa sulit untuk dibuka.

Jika Anda menjumpainya, maka itu artinya software smartphone tersebut sudah dalam kondisi bermasalah. Software atau firmware ponsel sejatinya bisa di update, namun bagi pemula Anda mungkin akan sedikit kesulitan. Jadi, pilihlah smartphone dengan kondisi software yang masih bagus yang semua fitur pada smartphone masih berfungsi secara normal.

7. Cek Baterai

Cek Baterai

Dalam kebanyakan kasus, smartphone bekas punya momok pada bagian baterai. Ya, hal ini sangat normal sekali mengingat daya tahan baterai akan menyusut seiring dengan usia pemakaian, terlebih jika pemilik sebelumnya kurang memperhatikan pola charging baterai secara benar.

Anda wajib mengecek kondisi baterai sebelum membuat deal. Penting untuk diketahui, meskipun baterai bisa dibeli secara terpisah, namun kualitas baterai bawaan ponsel dengan membelinya di toko elektronik atau situs toko online pastinya berbeda, terlebih jika Anda membeli produk KW.

8. Minta Garansi

Minta Garansi

Kelebihan membeli hp baru adalah Anda akan mendapatkan garansi selama satu tahun. Hal ini tidak bisa didapat saat Anda memutuskan membeli smartphone second. Namun begitu, usahakan untuk meminta garansi setidaknya selama tiga hari.

Jangan mengambil resiko dengan membeli hp bekas tanpa ada garansi. Kerusakan pada ponsel tidak dapat dideteksi hanya dalam 1-2 kali pemakaian, jadi Anda butuh waktu lebih lama untuk mengetahui apakah ada yang salah dengan ponsel tersebut.

Baca juga ini:

Penutup

Meski ponsel baru lebih menggugah, namun beli smartphone bekas merupakan salah satu opsi yang bisa diambil jika Anda ingin punya smartphone namun dengan anggaran yang relatif terbatas.

Anda dapat membelinya di situs toko online atau datang langsung ke konter HP yang melayani transaksi jual-beli hp bekas. Membeli smartphone second tidak akan merugikan Anda sepanjang Anda cermat dan memperhatikan beberapa hal penting yang antara lain sebagaimana telah dijabarkan diatas.

0 comments

Post a Comment