Cara Flashing vivo Y91 untuk Pemula

Salah satu cara untuk mengatasi hp error adalah dengan melakukan flashing. Namun, sebelum Anda mengambil langkah ini pastikan Anda menyadari resiko dibaliknya yang harus Anda tanggung dengan memilih opsi flashing karena dalam sejumlah kasus flashing tidak selalu berhasil mengatasi system yang error, bahkan dapat membuat ponsel Anda mati total.

Nah, jika dengan segala resikonya sebagaima disebutkan tadi Anda tetap ingin melakukan flashing, silahkan Anda baca dengan seksama cara flashing vivo Y91 untuk pemula seperti djelaskan dalam artikel ini.

vivo y19

Masalah pada sistem ponsel Android memang dapat diatasi dengan flashing karena sistem ponsel Anda akan diganti sehingga serasa seperti baru. Namun, ini adalah Anda sendiri yang melakukan - bukan produsen, jadi tentunya ada resiko untuk fungsi ponsel Anda. Dan dalam sejumlah kasus, apabila terjadi kesalahan selama proses flashing, hal tersebut justru dapat menyebabkan hp tidak bisa dinyalakan.

Mengapa perlu melakukan Flashing?

Pernahkah Anda mendapati smartphone Anda berjalan seolah tidak normal? Misalkan sangat lambat, ada sejumlah menu atau fitur yang tidak bisa digunakan, cepat panas, dan lain sebagainya. Hal tersebut mengindikasikan adanya permasalahan pada sistem ponsel Anda.

Adapun selain sejumlah hal yang telah disebutkan diatas, sebenarnya ada hal-hal lainnya yang 'memaksa' kita untuk melakukan flashing yang antara lain adalah seperti dalam kondisi sebagai berikut ini:

  • Bootloop
  • Slow response
  • Sering restart sendiri
  • Lupa Kata sandi
  • Lupa pola
  • Sinyal muncul - hilang
  • Sering terjadi aplikasi telah berhenti

Dalam kondisi seperti diatas, maka salah satu cara yang bisa diambil adalah dengan memflashing ponsel Anda.

Untuk cara flashing, ada dua metode yang bisa dipilih, yakni langsung dari ponsel dan menggunakan komputer. Adapun dalam panduan flashing vivo Y19 ini saya akan menggunakan komputer.

Saya lebih memilih menggunakan PC karena sepengalaman saya flashing lewat PC lebih mudah dan hasilnya pun seringkali tidak ada masalah atau dalam artian lain hp kembali normal setelahnya.

Yang dibutuhkan untuk Flashing vivo Y19

Untuk memulai flashing, ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Anda bisa mengunduh file yang dibutuhkan sebelum memulainya. Dan berikut ini sejumlah bahan yang perlu dipersiapkan untuk flashing vivo Y19:

  1. QFIL Flashtool QPST.
  2. QFil QPST.
  3. Jika sudah di download, silahkan di esktrak. Disini saya tidak menyediakan link downloadnya, Anda bisa searching.
  4. Download juga driver USB Qualcomm. Silahkan Anda install di PC Anda.
  5. Download juga Firmware vivo Y91 PD1818F. Jika sudah Anda download, silahkan di ekstrak di komputer Anda. Informasi untuk firmware vivo Y91 terbaru juga bisa ditemukan di situs resmi vivo.
  6. Sediakan komputer yang tidak ada kendala teknis apapun (bebas dari virus, dll).
  7. Siapkan kabel USB untuk digunakan menghubungkan ponsel ke PC.

Cara flash vivo Y91 dengan Komputer

Jika bahan-bahan yang disebutkan sebelumnya sudah selesai di download, silahkan ikuti langkah-langkah cara flashing vivo Y19 seperti dijelaskan dibawah ini:

Catatan penting! Pastikan Anda mengikuti panduan ini secara seksama agar tidak ada yang dilewatkan dimana hal tersebut bisa menyebabkan kegagalam dalam flashing serta berpotensi merusak ponsel Anda seperti mati total.

  1. Langkah yang pertama adalah menginstall driver Qualcomm di komputer Anda supaya ponsel vivo Y91 Anda dapat dideteksi untuk melakukan flashing.
  2. Lalu, silahkan di install juga QFil Flashtool QPST. Jika terdapat error saat proses install, Anda bisa menginstall terlebih dahulu vcredist_x86.exe. Apabila QFIL sudah terinstall, silahkan buka flashtool vivo y91.
  3. Jika sudah terbuka, silahkan Anda pilih tombol Browse untuk memilih file firmware vivo Y91 dengan format .MBN. Pilih file prog_emmc_firehose_8909.mbn, nantinya akan secara otomatis untuk memilih Update atau Stock ROM.
    Cara Flashing vivo Y91 untuk Pemula

  4. Sampai disini, silahkan Anda klik Load XML atau Load Content, lalu pilih rawprogram_unsparse_without_qcn.xml, kemudian pilih file Patch0.xml.
  5. Kemudian, silahkan Anda pilih tombol Select Port untuk memilih port yang digunakan untuk flashing. Sebenarnya biasanya akan dengan secara otomatis memilih sendiri jika smartphone sudah terhubung.
  6. Selanjutnya, harap matikan smartphone vivo Y91 Anda. Dalam kondisi hp sudah mati, tekan secara bersamaan tombol Volume Atas dan Volume Bawah lalu segera sambungkan ponsel ke PC.
  7. Sesudah ponsel terdeteksi di QFIL, nanti ada tombol "Download" terbuka dan bisa Anda klik, tinggal Anda tekan tombol Download tersebut untuk melanjutkan proses.
  8. Kemudian proses flashing vivo Y91 akan berjalan dengan adanya indikator bar progres berwarna biru. Proses ini akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  9. Jika proses flashing sudah selesai, nantinya akan muncul keterangan Download succeed diikuti ponsel vivo Y91 akan melakukan restart sendiri.
  10. Setelah ponsel restart dan melewati proses booting, proses booting ini akan memakan waktu yang agak lama. Jangan mematikan ponsel secara paksa sampai proses booting selesai dengan sendirinya.

Bagaimana jika flashing Gagal?

Tentu akan selalu ada kemungkinan flashing gagal, makanya diawal tadi ditekankan supaya Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, tanpa ada yang Anda lewatkan.

Apabila flashing gagal, silahkan dicoba kembali dan pastikan kali ini Anda mengikuti tutorial flashing vivo Y19 sebagaimana yang dijelaskan diatas. Jika Anda mengikuti panduan diatas dengan benar, kemungkinan flashing akan berjalan dengan sukses.

0 comments

Post a Comment