Kesan Pribadi Setelah Menggunakan Android Selama 12 Tahun

Android merupakan platform smartphone dan komputer tablet yang saat ini cukup mendominasi. Jauh sebelum Android muncul, sebagian pengguna ponsel begitu "terbuai" dengan Symbian yang diaplikasikan pada ponsel produksi Nokia.

Era Symbian telah pun berlalu cukup lama. Sekarang, para pecinta gadget dapat memilih iOS atau Android sebagai software smartphone mereka.

Saya menggunakan Android sekitar tahun 2010 silam. Pertama kali menggunakan HP Android adalah HP Evercoss (saya lupa type-nya karena sudah sangat lama), tapi yang jelas ponsel tersebut merupakan smartphone seri low-end.

Selama menggunakan Android hingga hari ini, terdapat sejumlah kesan yang saya rasakan terhadap platform milik Google ini. Pengalaman menggunakan Android selama lebih dari satu dekade serasa mendorong saya untuk saya tuangkan dalam artikel ini.

Apa saja kesan saya secara pribadi setelah menggunakan Android selama lebih dari 12 tahun?

Pada dasarnya, menurut saya Android merupakan platform smartphone yang cukup user-friendly dan fiturnya cukup powerful.

Selain menggunakan Android, saya juga sempat mencoba iPhone 6s yang kala itu saya beli dalam kondisi second-hand. Karena biasanya menggunakan Android, maka saat itu kepikiran juga untuk "mencicipi" iOS.

Namun, pada akhirnya saya lebih nyaman menggunakan Android karena sejumlah kelebihan yang saya rasakan. Meski iOS tentunya juga memiliki sejumlah kelebihan, namun sejauh ini saya masih setia dengan Android karena mungkin sudah kadung merasa nyaman.

Adapun berikut ini adalah beberapa kesan yang saya rasakan dengan pengalaman menjadi salah satu pengguna Android yang sudah lebih dari 12 tahun lamanya.

1. Android sangat user-friendly

Android user-friendly
Ilustrasi - Android user-friendly (Img: biometricupdate.com)

Apapun itu, saya yakin salah satu hal terpenting bagi sebagian besar pengguna dalam memilih platform maupun aplikasi adalah sisi penggunaannya seberapa ramah-pengguna.

Nah, untuk Android, saya rasa platform ini cukup user-friendly, bahkan untuk pengguna pemula sekalipun jarang sekali ada kesulitan berarti saat mengoperasikan ponsel. Tentu saja penilaian ini berbasis pengalaman pribadi.

2. Aplikasi gratis tanpa batas

Android dengan aplikasi gratis tanpa batas
Ilustrasi - Android dengan aplikasi gratis tanpa batas (Img: androidcentral.com)

Kelebihan Android berikutnya yang kian membuat saya betah menggunakannya adalah tersedianya ribuan aplikasi yang bisa di install secara gratis. Jika diperhatikan, di Google Playstore selalu ada aplikasi baru yang dapat dinikmati pengguna.

Tentu tidak semua aplikasi Android gratis, ada juga yang versi berbayar. Namun, secara garis besar menurut saya Android ini bak sebuah platform dengan ketersediaan aplikasi tanpa batas.

3. Pilihan ponsel lebih beragam

Pilihan ponsel lebih beragam
Ilustrasi - Pilihan ponsel lebih beragam (Img: orissapost.com)

Karena sebagian besar vendor smartphone saat ini mengaplikasikan Android sebagai sistem operasi ponsel mereka, maka dipihak konsumen seperti saya merasa disuguhi lebih banyak pilihan ponsel.

Ada Samsung, vivo, OPPO, dan berbagai macam produsen smartphone papan atas lainnya yang menggunakan Android sebagai OS smartphone besutan mereka. Pilihan dan tipe smartphone yang bisa saya pilih menjadi semakin beragam dan dapat memilih sesuai selera.

4. Referensi sangat banyak

Referensi tentang Android sangat banyak
Ilustrasi - Referensi tentang Android sangat banyak

Kesan berikutnya yang saya rasakan dari pengalaman menggunakan Android selama sekian lama adalah banyaknya referensi yang bisa saya temukan dengan cukup mudah.

Jadi, karena pengguna Android ini cukup banyak dan cukup dominan saat ini, maka ketika saya membutuhkan referensi tertentu yang berkaitan dengan Android banyak literatur yang bisa saya temukan dengan sangat mudah.

5. Ringan dan cepat

Android Ringan dan cepat
Ilustrasi - Android Ringan dan cepat (Ing: bytepace.medium.com)

Bagi saya, Android cukup ringan dan dapat berjalan dengan cukup cepat. Mungkin kurang tepat jika kita membandingkan Symbian dengan Android. Namun, terlepas dari itu, menurut saya Android memang cukup ringan dan cepat.

Ketika saya menggunakan Symbian sekira 20 tahun silam, saya sering mendapati ponsel serasa bekerja dengan cukup lambat dan tak jarang mengalami hang. Tentu saja hand di Android juga banyak terjadi, namun overall, Android memiliki kinerja yang lebih optimal.

6. Fitur sangat lengkap

Fitur Android sangat lengkap
Ilustrasi - Fitur Android sangat lengkap (Ing: robottip.com)

Bukan rahasia lagi bahwa salah satu kelebihan Android adalah terletak pada fiturnya. Ya, bagi saya fitur yang ada pada ponsel berbasis Android jauh lebih lengkap dibanding platform lain.

Meski platform lain juga menawarkan fitur yang cukup bagus, namun dari sisi lengkapnya fitur, menurut hemat saya Android jauh lebih lengkap dan sangat mudah digunakan. Melalui menu Settings atau Pengaturan, kita bisa lihat banyak hal yang bisa kita lakukan di Android.

7. Terintegrasi dengan Google Playstore

Terintegrasi dengan Google Playstore
Ilustrasi - Android terintegrasi dengan Google Playstore

Jika iPhone punya AppStore, maka Android menyediakan Playstore. Saya secara pribadi cukup merasa nyaman dengan adanya Playstore karena proses instalasi aplikasi dapat dilakukan dengan sedemikian cepat dan mudah.

Hampir semua aplikasi yang saya butuhkan ada di Playstore. Dan kalaupun tidak tersedia disana, masih ada juga alternatif lain, yakni dengan mencari apk melalui website tertentu yang dirasa aman.

8. Tampilan atraktif dan menarik

Tampilan atraktif dan menarik
Ilustrasi - Tampilan icon di Android terlihat atraktif (Img: walnox.com)

Bagi saya pribadi, sebenarnya saya termasuk tipikal pengguna yang kurang peduli dengan tampilan atau user-interface. Namun, jika diminta untuk menyampaikan pendapat, bagi saya Android merupakan platform dengan tampilan atau user-interface yang cukup menawan.

Sebagian orang mungkin cukup menganggap penting perihal tampilan, dan dengan Android pengguna bisa mendapatkan view menu ponsel yang benar-benar menarik.

BACA JUGA:

 

Ringkasan

Secara pribadi, saya merasa cukup nyaman menggunakan Android, setidaknya sampai dengan hari ini. Anda pun mungkin sepaham dengan saya atau memiliki kesan yang berbeda dengan saya. 

Bagaimana pengalaman Anda menggunakan Android? Menanti sharing Anda melalui kolom kementar, barangkali Anda punya kesan dan analisis yang jauh lebih mendalam dari saya.

0 comments

Post a Comment